kumparan
search-gray
News1 November 2019 14:15

Donald Trump Undang Conan, Anjing Pemburu Baghdadi, ke Gedung Putih

Konten Redaksi kumparan
Donald Trump Undang Conan, Anjing Pemburu Baghdadi, ke Gedung Putih (570289)
Ilustrasi anjing Belgian Malinois. Foto: AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump membangga-banggakan anjing militer yang terlibat dalam perburuan Abu Bakar al-Baghdadi. Bahkan, Trump akan mengundangnya ke Gedung Putih sebagai bentuk penghargaan.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya identitas anjing jenis Belgia malinois itu dirahasiakan oleh militer AS, namun Trump pada Kamis (31/10) justru membongkarnya. Melalui Twitter, Trump menyebutkan anjing tersebut bernama "Conan".
Dalam twitnya, Trump mengatakan "Conan akan berangkat dari Timur Tengah ke Gedung Putih pekan depan!"
Conan adalah anjing milik pasukan Delta Force dalam penyerbuan ke persembunyian Baghdadi di Idlib, Suriah, akhir pekan lalu. Dalam penyerbuan tersebut, Conan mengejar pemimpin ISIS itu hingga ke terowongan.
Baghdadi lantas meledakkan diri dengan rompi bom, menewaskan dirinya dan dua anaknya. Conan terluka dalam ledakan itu, terkena kabel listrik, namun kondisinya dilaporkan membaik.
Detail soal Conan tidak banyak diketahui. Namun anjing sejenis Conan sebelumnya digunakan dalam penyerbuan yang menewaskan pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden pada 2011 lalu di Pakistan.
Donald Trump Undang Conan, Anjing Pemburu Baghdadi, ke Gedung Putih (570290)
Ilustrasi anjing Belgian Malinois. Foto: AFP
Jenderal Kenneth McKenzie, kepala Komando Pusat AS, seperti dikutip AFP mengatakan Conan adalah anggota penting bagi Delta Force. Anjing itu telah terlibat dalam 50 misi pertempuran dalam empat tahun bertugas.
ADVERTISEMENT
Mengungkapkan identitas Conan dianggap akan membahayakan misi militer AS di masa mendatang. Pasalnya, dengan mengetahui nama anjing itu seseorang bisa tahu siapa pelatihnya.
"Dengan tahu nama pelatihnya, kau bisa tahu nama unitnya, tahu nama unitnya, kau bisa tahu unit Delta mana yang terlibat penyerbuan," kata Mark Hertling, pensiunan komandan angkatan darat AS di Twitter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white