News
·
23 Oktober 2019 9:02

Fokus Operasi Zebra Jaya 2019: Kepemilikan SIM Pengendara Motor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fokus Operasi Zebra Jaya 2019: Kepemilikan SIM Pengendara Motor (350534)
Sejumlah Polisi Lalu Lintas mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya 2019 di Lapangan Promoter Dit Lantas Polda Metro Jaya, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2019. Operasi yang bertujuan meningkatkan kedisiplinan pengendara itu digelar pada 23 Oktober-5 November 2019 di wilayah Polda Metro Jaya.
ADVERTISEMENT
Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono dalam apelnya menekankan kepemilikan SIM kepada para pengendara sepeda motor. Ia menilai pengendara yang tidak memiliki SIM berarti belum mahir berkendara dan membahayakan pengendara lain.
"Orang yang belum memiliki SIM artinya dia belum terampil untuk mengemudikan kendaraan, apa itu kendaraan roda 2 atau kendaraan roda 4. Ini sasaran kita," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10).
Fokus Operasi Zebra Jaya 2019: Kepemilikan SIM Pengendara Motor (350535)
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono (kiri) memberikan keterangan pers terkait Operasi Zebra Jaya 2019 di Lapangan di Polda Metro Jaya. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
"Bagi yang SIM-nya ketinggalan, silakan lakukan langkah-langkah persuasif, kalau betul dia punya SIM, ambil SIM-nya, diingatkan, supaya setiap kegiatan kemanapun SIM-nya selalu dibawa," kata Gatot.
Selain itu Gatot juga mengingatkan kelengkapan kendaraan seperti spion dan lampu sen. Hal itu untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
ADVERTISEMENT
Gatot tidak menjabarkan di mana saja Operasi Zebra akan digelar. Ia menyerahkannya kepada setiap kapolres untuk memetakan wilayah yang pelanggaran lalu lintasnya tinggi dan menyebabkan kecelakaan.
Fokus Operasi Zebra Jaya 2019: Kepemilikan SIM Pengendara Motor (350536)
Sejumlah Polisi Lalu Lintas mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Jaya 2019 di Lapangan Promoter Dit Lantas Polda Metro Jaya, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Namun, Gatot mengingatkan agar petugas menjalankan operasi sesuai SOP. Salah satunya penempatan papan pemberitahuan adanya razia 100 meter sebelum pemeriksaan.
"Di depan saya sampaikan kalau kita mengedepankan langkah-langkah penegakan hukum, lakukan secara beriringan dengan langkah-langkah preemtif dan preventif. Di dalam lakukan penegakan hukum, ketika lakukan pemeriksaan SOP yang ada dipatuhi," kata Gatot.
Fokus Operasi Zebra Jaya 2019: Kepemilikan SIM Pengendara Motor (350537)
Apel Operasi Zebra Jaya di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Rabu (23/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Gatot juga meminta agar setiap Operasi Zebra digelar dengan kehadiran unsur Pemprov DKI seperti Dishub dan unsur TNI. Hal ini sebagai bentuk sinergitas.
"Saya perintahkan Dirlantas untuk melaksanakan secara gabungan. Semua unsur TNI setiap operasi juga harus ada, AL, AD, AU dan Dishub. Ketika melakukan penegakan hukum sesuai dengan fungsinya, sesuai kewenangannya," kata Gatot.
ADVERTISEMENT