Kamaruddin Yakin Putri dalam Kondisi Sehat, Tak Alami Guncangan

16 Agustus 2022 15:08
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Putri dan para ajudan Sambo. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
Pengacara Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak, mengaku tak percaya dengan kondisi istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, yang disebut alami masalah psikologis. Dia yakin Putri dalam kondisi sehat.
ADVERTISEMENT
"Itu dibuat-buat, gangguan jiwa. Bukan gangguan jiwa," ujar Kamaruddin di Mabes Polri, Selasa (16/8).
Menurut Kamaruddin, apabila kondisi Putri tidak sehat, maka mustahil bisa menjenguk suaminya yang tengah dikurung di Mako Brimob beberapa waktu lalu.
Kuasa Hukum keluarga Brigadir Yosua Kamarudin Simanjutak (kiri) dan Johnson Panjaitan (kanan) di Bareskrim Polri, Senin (18/7/2022). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
"Buktinya dia, kalau diduga menyuap dia waras. Dia suaminya dimasukkan ke Mako Brimob, dia datang waras," kata dia.
Begitu juga dengan dugaan penyuapan yang dilakukan beberapa anak buahnya untuk menutupi kasus pembunuhan berencana tersebut.
"Dia menyuap atau diduga menyuap anak buahnya waras. Kenapa setelah saya lapor ke polisi, jadi gangguan jiwa. Nah, ini kan gangguan jiwa yang bisa aja dibuat-buat atau diskenariokan ya," pungkasnya.
Putri Candrawathi (kanan), istri Irjen Ferdy Sambo, datang menjenguk suaminya yang sedang diperiksa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Minggu (7/8/2022). Foto: Retyan Sekar Nurani/kumparan
Wakil ketua LPSK, Susilaningtias mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan medis terhadap Putri Candrawathi, termasuk psikiatri dan psikologisnya.
ADVERTISEMENT
Dari hasil pemeriksaan tersebut, Susi menyampaikan bahwa Putri tidak memiliki kompetensi untuk menjalani pemeriksaan.
"[Hasil Pemeriksaan] Yaitu pertama, [Putri] tidak memiliki kompetensi psikologis yang memadai untuk jalani pemeriksaan dan keterangan, termasuk ke LPSK," ujar Susi dalam konferensi pers yang digelar di Gedung LPSK, Jakarta, Senin (15/8).
"[Putri] Terindikasi memiliki masalah psikologi yang belum dapat dikaitkan sebagai terduga korban kekerasan seksual dan terduga saksi percobaan pembunuhan," pungkasnya.
Infografik Perjalanan Panjang Irjen Sambo Jadi Tersangka. Foto: kumparan