kumparan
29 Januari 2020 16:16

Khawatir Virus Corona, Turki Akan Evakuasi 32 Warganya di Kota Wuhan

PTR, Antisipasi virus Corona, Bandara Suvarnabhumi
Seorang kru Thai Airways mendisinfeksi kabin pesawat nasional untuk mencegah penyebaran coronavirus di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok. Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha
Penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan. Demi mencegah warganya ikut terinfeksi, pemerintah Turki bersiap mengevakuasi 32 warganya yang terisolasi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.
ADVERTISEMENT
Duta Besar Turki di Beijing, Emin Onen, menuturkan tak ada warga negaranya di Wuhan yang terpapar virus corona. Namun sebagai tindakan pencegahan, pihaknya sudah berbicara dengan pemerintah China terkait rencana evakuasi.
"Kami terus berkomunikasi dengan semua warga negara kami (di Wuhan)," kata Onen kepada NTV dikutip Reuters, Rabu (29/1).
Wuhan, china, virus corona
Foto udara di kawasan perumahan dan komersial Wuhan di provinsi Hubei. Foto: Hector Retamal / AFP
Onen belum bisa memastikan kapan proses evakuasi akan dilakukan. Namun rencananya pemerintah Turki akan menggunakan pesawat yang biasa digunakan tenaga medis.
“Kami akan membawa mereka kembali sesegera mungkin dengan pesawat medis atau pesawat sejenis. Mereka akan dikarantina ketika mereka tiba di Turki," ucap Onen.
Sejauh ini, baru dua negara yang sudah berhasil mengevakuasi warganya dari Wuhan. Mereka adalah Amerika Serikat dan Jepang. Proses evakuasi dilakukan hari ini.
ADVERTISEMENT
Jumlah korban meninggal dunia akibat virus corona terus bertambah. Hingga hari ini sudah 132 orang yang tewas akibat virus mematikan itu.
Sementara hampir 6.000 pasien yang tersebar di 16 negara dinyatakan terpapar virus corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan