kumparan
27 Oktober 2019 10:51

Kisah Cinta Penuh Skandal Raja Thailand dengan 5 Wanita

Raja Thailand Vajiralongkorn
Raja Thailand Vajiralongkorn Foto: AFP/Jewel Samad
Raja Thailand Vajiralongkorn mengejutkan publik setelah mencabut gelar selir yang baru diangkatnya Juli lalu. Alasannya, ada konflik antara selir raja dan ratu yang membuat Vajiralongkorn memutuskan mengambil tindakan tegas.
ADVERTISEMENT
Tapi Vajiralongkorn bukan kali ini saja bermasalah dengan wanita. Dia berbeda dengan ayahnya, mendiang Raja Bhumibol Adulyadej, yang setia dengan Ratu Sirikit selama 66 tahun. Vajiralongkorn telah tiga kali kawin-cerai dengan berbagai intrik dan skandal menyertainya.
Episode pencabutan gelar selir kali ini juga penuh dengan drama. Selir Sineenat Wongvajirapakdi dituduh benci dan ingin menggeser gelar Ratu Suthida Tidjai. Pihak kerajaan Thailand dalam pernyataan menyebut Sineenat "tidak tahu terima kasih" dan "tidak setia".
Vajiralongkorn memang dikenal playboy. Berikut adalah kisah percintaan Raja Valilongkorn dengan lima perempuan dilansir dari berbagai sumber:
Istri pertama - Soamsawali Kityakara
Soamsawali adalah sepupu Vajiralongkorn yang dinikahinya pada 3 Januari 1977 ketika dia masih menjadi putra mahkota Thailand. Dari pernikahan ini, dia dikaruniai anak perempuan, Putri Bajrakitiyabha.
Soamsawali Kityakara, istri pertama Raja Thailand
Istri pertama Raja Thailand Vajiralongkorn, Soamsawali Kityakara Foto: Wikipedia Commons
Namun pernikahan itu telah retak sejak awal. Sesaat setelah kelahiran putrinya, Vajiralongkorn selingkuh dengan aktris Yuvadhipa Polpraserth dan keduanya tinggal bersama. Putri Soamsawali ketika itu menolak bercerai.
ADVERTISEMENT
Hubungan gelap Vajiralongkorn dan Yuvadhipa menghasilkan empat anak lelaki dan seorang anak perempuan. Mereka lahir antara 1979 hingga 1987.
Pada 1993, akhirnya Vajiralongkorn resmi menceraikan Soamsawali. Dia menyalahkan istrinya atas kandasnya pernikahan tersebut. Soamsawali tidak bisa membela diri, terlebih karena suaminya dilindungi undang-undang lese majeste, larangan menghina keluarga kerajaan dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.
Istri kedua - Yuvadhida Polpraserth
Setelah bercerai dengan Soamsawali, Vajiralongkorn akhirnya menikahi Yuvadipha setahun kemudian. Namun pernikahan ini juga tidak berjalan lancar. Pada 1996, Yuvadhipa tiba-tiba kabur ke Inggris membawa serta kelima anaknya.
Mengutip laman The Sun, ketika itu Vajiralongkorn menuding Yuvadipha selingkuh. Dia bahkan memasang poster di seluruh istana, mengatakan bahwa istrinya berzina dengan panglima angkatan udara.
Raja Thailand Vajiralongkorn
Raja Thailand Vajiralongkorn Foto: AFP/Jewel Samad
Vajiralongkorn memerintahkan pengawalnya untuk mengambil putrinya, Sirivannavari, dari Yuvadhipa di Inggris. Namun dia menolak menerima keempat putranya. Vajiralongkorn mencabut seluruh paspor diplomatik dan gelar kerajaan Yuvadipha dan para putranya tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada 2007, Sujarinee pindah dari Inggris ke Amerika Serikat.
Istri Ketiga: Srirasmi Suwadee
Pada 10 Februari 2001, Vajiralongkorn menikah untuk ketiga kalinya. Istrinya kali ini adalah Srirasmi Suwadee. Namun pernikahan ini dilangsungkan diam-diam. Barulah pada 2005 kerajaan mengumumkan pernikahan tersebut, tidak lama setelah Srirasmi melahirkan anak lelaki, Pangeran Dipangkorn Rasmijoti.
Pernikahan mereka ternoda setelah foto telanjang dada Srirasmi dan Vajiralongkorn tersebar ke publik. Dalam foto tersebut, keduanya tengah merayakan ulang tahun anjing peliharaan mereka.
Raja Vajilalongkorn dengan istri ketiganya Srirasmi Suwadee
Raja Vajiralongkorn dengan istri ketiganya Srirasmi Suwadee Foto: Wikipedia Commons
Lagi-lagi pernikahan ini kandas dengan skandal. Pada 2014, Vajiralongkorn mencabut seluruh gelar kerajaan keluarga Srirasmi atas tuduhan korupsi tujuh orang kerabat mereka. Dia lalu menceraikan Srirasmi dengan uang kompensasi senilai 200 juta baht atau lebih dari Rp 93 miliar.
ADVERTISEMENT
Srirasmi lalu diasingkan ke sebuah lokasi tersembunyi di Thailand. Orang tuanya dipenjara selama 2,5 tahun atas tuduhan mencemarkan nama baik kerajaan.
Istri keempat: Suthida Tidjai
Vajiralongkorn menikahi Suthida Tidjai, 41, pada 1 Mei 2019. Sebelumnya wanita dengan nama panggilan Nui ini adalah bekas pengawal yang selalu menemani Vajiralongkorn.
Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida
Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida Foto: AFP/Jewel Samad
Suthida adalah mantan pramugari Thai Airways yang masuk militer kerajaan pada 2013. Dia lalu ditunjuk menjadi komandan unit pengawal Vajiralongkorn dan digelari jenderal pada Desember 2016.
Namun sebelum menikah, Vajiralongkorn rupanya mendua. Dia juga menjalin hubungan dengan Sineenat Wongvajirapakdi yang juga pengawal pribadinya. Mereka berdua pernah terlihat di Munich dalam sebuah foto yang memalukan pada 2016. Dalam foto itu, Vajilalongkorn mengenakan tank-top dengan tato imitasi di tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Menurut situs Honey Nine, Vajiralongkorn sulit menentukan siapa yang akan dia jadikan ratu sebelum naik takhta jadi raja. Akhirnya dia memilih dua-duanya. Nui dinikahinya duluan, otomatis menjadikannya ratu. Dua bulan kemudian, Vajilalongkorn menjadikan Sineenat sebagai selirnya.
Selir Raja: Sineenat Wongvajirapakdi
Sineenat adalah selir pertama di Thailand setelah 100 tahun. Raja Thailand tidak lagi memiliki selir sejak 1932 ketika negara itu mulai menganut monarki konstitusional. Raja terakhir yang memiliki selir adalah Raja Rama VI yang memerintah antara 1910 dan 1925.
PTR, Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi
Jenderal Sineenat Wongvajirapakdi. Foto: Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Latar belakang wanita yang akrab disapai Koi ini hampir sama seperti Suthida, yaitu orang biasa yang menjadi militer, bertugas sebagai pengawal Vajilalongkorn, lalu digelari jenderal.
Baru seumur jagung gelar selir disandang Sineenat, Vajilalongkorn mencabutnya. Dalam pernyataan kerajaan disebutkan, Sineenat tidak suka dengan pemilihan Suthida sebagai ratu. Kerajaan juga menyebut Sineenat sangat berambisi merebut gelar tersebut dari Suthida.
ADVERTISEMENT
Saat ini Sineenat tidak diketahui keberadaannya. Pengamat kerajaan Thailand menduga Sineenat menjalani tahanan rumah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan