News
·
14 September 2020 14:27

Komisi III DPR Usul Polsek di Tangsel-Tangerang Kota Dialihkan ke Polda Banten

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Komisi III DPR Usul Polsek di Tangsel-Tangerang Kota Dialihkan ke Polda Banten (57949)
Polres Metro Tangerang Kota Foto: Anggi Dwiky/kumparan
Komisi III DPR menggelar rapat kerja bersama Polri untuk membahas beberapa isu aktual. Salah satunya, mengusulkan agar beberapa kantor polisi di Kabupaten Tangerang hingga Tangerang Kota bisa dipindahkan ke Polda Banten.
ADVERTISEMENT
Anggota Komisi III dari Fraksi PKB, Rano Al Fath, meminta sejumlah Polsek di wilayah Tangerang bisa dipindahkan dari Polda Metro Jaya ke Polda Banten.
"Ada 10 Polsek yang ada di Polda Metro yang masuk Polres Tangerang Selatan (Polres Tangsel) dan Polres Tangerang Kota, dan wilayahnya masuk Kabupaten Tangerang. Mudah-mudahan kalau bisa diambil alih masuk ke Polda Banten. Karena Pak Bupati sudah siapkan bangunan Polres yang besar," ucap Rano yang merupakan legislator dapil Banten itu di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/9).
Komisi III DPR Usul Polsek di Tangsel-Tangerang Kota Dialihkan ke Polda Banten (57950)
Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono (tengah) saat konferensi pers tentang Satgas Mafia Bola di Polda Metro Jaya, Jakarta. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Menanggapi permintaan, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang turut hadir dalam rapat itu menjelaskan duduk perkara pembagian polsek di wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan. Ia mengatakan, pembagian Polsek dan Polres sudah diperhitungkan lewat beragam faktor.
ADVERTISEMENT
"Kita punya aturan sendiri memperhitungkan ancaman yang dihadapi dan antisipasi ancaman tersebut. Memang sebagian masuk ke Polres Tangsel dan Tangkot," jelas Gatot.
Gatot mengungkapkan Asisten Perencanaan (Asrena Polri), Irjen Pol Hendro Sugiatno, juga telah menerjunkan tim untuk memperhitungkan pembagian wilayah ini. Salah satu yang disoroti adalah relevansi ancaman serta kecepatan penanganan atau tindakan kepolisian dari Polda yang bertanggung jawab.
Sehingga, usulan pembagian wilayah kantor polisi ini masih akan dikaji terlebih dahulu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada.
"Apakah masih sesuai enggak dengan ancaman yang sekarang? Ketika terjadi di Tangsel, back up lebih cepat mana dari Polda Metro Jaya atau Polda Banten? Kita menghitung ancaman, jarak waktunya, kalau ada unjuk rasa, ini jadi pertimbangan sendiri," tutup Gatot.
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona