Melihat Daerah di Jabar Ajukan Pemekaran: Bekasi Utara, Cikampek hingga Lembang

5 November 2020 12:21
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Melihat Daerah di Jabar Ajukan Pemekaran: Bekasi Utara, Cikampek hingga Lembang (193690)
searchPerbesar
Ilustrasi Gedung Sate. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan terbentuknya daerah otonom baru (DOB). Ada 9 daerah yang diusulkan. Padahal, pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB) sejak tahun 2014.
ADVERTISEMENT
Kementerian Dalam Negeri per Agustus 2019, bahkan telah terima usulan 315 daerah baru meski ada moratorium. Belum diketahui apa alasan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum ngotot mengajukan 9 pembentukan daerah baru.
Dalam keterangannya pada Rabu (4/11), dia hanya mengatakan "Dengan pemekaran (wilayah), pelayanan ke masyarakat semakin hebat, semakin dekat, pembangunan semakin cepat, anggaran semakin besar datang ke daerah".
Uu juga mengatakan alasan 9 daerah itu diusulkan dimekarkan karena memiliki potensi pendapatan dari bidang wisata, pertanian dan industri.
Sembilan daerah itu adalah Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.
Masing-masing daerah itu memiliki keunggulan tersendiri. Mulai dari sektor pariwisata, industri, hingga pertanian.
ADVERTISEMENT

Bekasi Utara

Bekasi Utara merupakan nama sebuah kecamatan di Kota Bekasi. Di lokasi ini, terdapat banyak pabrik dan merupakan kawasan industri.
Dilansir situs resmi bekasiutara.bekasikota.go.id, luas Kecamatan Bekasi Utara 1.994.124 hektar dengan ketinggian permukaan tanah kurang lebih 2 kilometer dari permukaan laut.
Melihat Daerah di Jabar Ajukan Pemekaran: Bekasi Utara, Cikampek hingga Lembang (193691)
searchPerbesar
Ilustrasi Pabrik Foto: ANTARA FOTO/ Aji Styawan
Berdasarkan status pemilikan tanah, sudah banyak mengalami perubahan sesuai dengan rencana tata ruang Kota Bekasi. Terutama dengan semakin bertambahnya perumahan, di samping telah diperuntukkan perusahaan/pabrik, saluran air, jalan, dan lain-lain.
Disebutkan, kepadatan penduduknya 1.080 jiwa/km2. Sedangkan menurut bekasikota.bps.go.id, jumlah penduduk tahun 2014 sebanyak 334.232.

Lembang

Lembang kini merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Kecamatan Lembang merupakan kecamatan paling timur dan terkenal sebagai tujuan wisata di Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Warga Lembang sebagian besar bermata pencarian sebagai petani dan pedagang. Karena potensi alamnya yang bagus, Lembang juga menjadi pusat pendidikan dan penelitian untuk pertanian dan peternakan, di antaranya: Balitsa, BIB Lembang, BBTP-SP.
Melihat Daerah di Jabar Ajukan Pemekaran: Bekasi Utara, Cikampek hingga Lembang (193692)
searchPerbesar
Warung Mak Eti di kawasan Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Di Lembang juga ada lembaga pendidikan militer seperti Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKO AU), Sekolah Staf dan Pimpinan Polri, Pusat Pendidikan Ajudan Jenderal (Pusdikajen) dan Pusat Pendidikan Korps Wanita TNI AD (Pusdik Kowad).
Adapun jumlah penduduknya pada tahun 2017 berdasarkan data BPS mencapai 196.690 jiwa dengan luas wilayah 95,56 kilometer persegi.

Cikampek

Cikampek kini merupakan nama sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang. Dilansir situs karawangkab.go.id, luas Kecamatan Cikampek mencapai 47 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 112.780 jiwa.
ADVERTISEMENT
Sumber pendapatan utama Cikampek adalah industri, pertanian, dan perdagangan. Cikampek dikenal sebagai sentra perdagangan dan industri. Penghidupan warga Cikampek sebagian besar adalah pedagang, karyawan pabrik, pegawai negeri, dan swasta.
Melihat Daerah di Jabar Ajukan Pemekaran: Bekasi Utara, Cikampek hingga Lembang (193693)
searchPerbesar
Petugas memberlakukan sistem buka-tutup di kilometer 48 jalan Tol Jakarta-Cikampek. Foto: ANTARA/Ali Khumaini
Ada sejumlah kawasan industri besar di Cikampek, yaitu: Kota Bukit Indah, Interchange GT Kalihurip Bukit Indah City, Kawasan Industri Autocar Cikampek - Interchange GT Kalihurip, Kawasan Industri Indotaisei - Interchange GT Kalihurip Bukit Indah City, Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC).
Cikampek juga memiliki stasiun yang menghubungkan kereta api Jakarta-Bandung dan Jakarta-Cirebon. Juga memiliki 3 jalur tol utama untuk menghubungkan transportasi ke berbagai kota di Jawa.

Indramayu Barat

Indramayu Barat diusulkan menjadi kawasan pemekaran dari Kabupaten Indramayu. Kawasan ini gabungan dari sejumlah kecamatan dan diusulkan Kecamatan Kroya sebagai ibu kota.
ADVERTISEMENT
Belum ada informasi yang spesifik soal Indramayu Barat ini lantaran masih hanya sebatas usulan dan dokumen detail geografisnya belum dipublikasikan.

Cirebon Timur

Cirebon Timur merupakan kawasan yang terdiri dari 18 kecamatan. Di antaranya adalah Kecamatan Mundu, Kecamatan Losari, dan Kecamatan Waled.
Cirebon Timur merupakan kawasan industri. Terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit I Cirebon Power. Selain itu, terdapat juga pasar Tegalgubug, yang disebut sebagai pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara, mengalahkan Tanah Abang.

Subang Utara

Subang Utara merupakan kawasan daerah dataran rendah. Luasnya 92.639 hektar atau 45 persen dari luas wilayah Kabupaten Subang.
Kawasan itu terdiri dari Kecamatan Pabuaran, Cipunagara, Compreng, Ciasem, Pusakanagara, Pusakajaya Pamanukan, Sukasari, Legonkulon, Blanakan, Patokbeusi, Tambakdahan, sebagian Pagaden Barat.
ADVERTISEMENT
Belum ada informasi terkait potensi pendapatan dari daerah ini. Namun daerah ini disebut sebagai kawasan pertanian dan perkebunan.

Cianjur Selatan

Cianjur Selatan masuk dalam usulan Pemprov Jabar sebagai daerah otonom baru. Dikutip dari Sukabumi Updates, ibu kota Cianjur Selatan nantinya akan dibangun di Kecamatan Sindangbarang, ujung pantai selatan.
Belum ada informasi detail terkait profil kawasan Cianjur Selatan ini.

Garut Utara

Garut Utara ini merupakan sebuah kawasan. Terdiri dari 11 kecamatan, yaitu Kecamatan Kecamatan Limbangan, Kecamatan Cibatu, Kecamatan Kadungora, Kecamatan Karangtengah, Kecamatan Kersamanah, Kecamatan Leles, Kecamatan Leuwigoong, Kecamatan Malangbong, Kecamatan Selaawi, Kecamatan Sukawening, dan Kecamatan Cibiuk.
Belum ada informasi terkait potensi pendapatan dari daerah ini. Bandung Timur
Bandung Timur merupakan kawasan yang saat ini masuk dalam teritorial Kabupaten Bandung. Terdiri dari sejumlah kecamatan, yaitu Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Cimenyan, Kecamatan, Kecamatan Cilengkrang, Kecamatan Nagrek, Kecamatan Majalaya, dan Kecamatan Cileunyi.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020