kumparan
News20 Februari 2020 20:34

Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Akan Dibangun di Pacitan

Konten Redaksi kumparan
LIPSUS, Ani Yudhoyono bersama Susilo Bambang Yudhoyono
Ani Yudhoyono bersama Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Instagram @aniyudhoyono
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI. Museum tersebut, rencananya mulai dibangun di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Ploso, Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (22/2) mendatang.
ADVERTISEMENT
Museum dan galeri seni ini akan dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare. Luas bangunannya, rencananya akan seluas 7.500 meter persegi.
"Selamat kepada Bapak SBY atas groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-ANI," kata Ketum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana dalam keterangannya, Rabu (20/2).
LIPSUS, Ani Yudhoyono, Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono
Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. Foto: Instagram/@aniyudhoyono
Menurut Putu, museum tersebut bukan yang pertama kali dibangun oleh SBY. Selama masa pemerintahannya, SBY juga membangun berbagai museum, salah satunya Museum Kepresidenan Balai Kirti yang menampilkan seluruh presiden yang pernah menjabat di Indonesia.
"Pak SBY begitu berjasa dalam pemajuan permuseuman Indonesia, khususnya selama 10 tahun kepemimpinan beliau, dari 2004 sampai 2014," ucap Putu.
Politikus Partai Demokrat Putu Supadma Rudana
Ketum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
Kader Partai Demokrat ini mengaku optimistis, jika Museum SBY dan Galeri Seni ANI bisa menjadi salah satu museum terbaik di tanah air. Menurutnya, museum tersebut akan ramai dikunjungi masyarakat yang ingin tahu sejarah SBY-ANI.
ADVERTISEMENT
Kisah cinta Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan istrinya, Ani Yudhoyono, memang menjadi salah satu cerita paling fenomenal. Semasa hidupnya, Ani Yudhoyono dikenal sebagai sosok yang tak pernah lepas dari SBY.
Namun sayang, pasangan ini harus berpisah untuk selamanya. Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir pada Sabtu, 1 Juni 2019 lalu setelah berjuang 4 bulan melawan kanker darah ganas. Sebelum memakamkan istrinya, SBY berjanji akan menuliskan kisah Ani agar bisa dikenang seluruh masyarakat.
"Kami keluarga ingin mewujudkan cita-cita ibu Ani yang sederhana, yang bisa dilakukan manusia. Bahwa ibu punya cerita, saya akan menulisnya nanti," kata SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/6).
"Untuk menjadi pengetahuan saudara-saudara, bahwa ibu Ani seorang manusia biasa, yang terlahir dengan nama Kristiani Herawati menjadi Ani Yudhoyono, yang berpikir mulia dengan segala kelebihan," tutur Ketum Partai Demokrat itu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan