News
·
7 Agustus 2020 12:47

Pencarian Wisatawan Hanyut di Pantai Goa Cemara Bantul Gunakan Drone

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pencarian Wisatawan Hanyut di Pantai Goa Cemara Bantul Gunakan Drone (281052)
Tim SAR gabungan melakukan penyisiran di sepanjang pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (6/8). Foto: Hendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO
Tim SAR Gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap lima wisatawan satu keluarga yang hanyut di Pantai Goa Cemara, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (6/8) lalu. Pada pencarian hari ini, Jumat (7/8), Tim SAR turut menggunakan drone dan paramotor.
ADVERTISEMENT
Kasubsi Operasi Kantor Basarnas Yogyakarta Asnawi Suroso menjelaskan penggunaan drone merupakan upaya pencarian korban melalui udara.
"Pencarian hari kedua ini akan kami lakukan pencarian via udara menggunakan paramotor dan drone dari komunitas drone Yogyakarta," kata Asnawi, Jumat (7/8)
Selain pencarian melalui udara, Tim SAR Gabungan juga akan melakukan pencarian dengan penyisiran laut. Total ada 60 personel yang terlibat dari pencarian ini.
"Sebanyak kurang lebih 60 Tim SAR gabungan dari berbagai unsur terlibat dalam operasi pencarian ini," katanya.
Asnawi menjelaskan bahwa tim dibagi dalam tujuh Search Rescue Unit (SRU). SRU 1 akan melakukan penyisiran dari Pantai Baru ke Pantai Goa Cemara. Jika memungkinkan pencarian juga dilakukan dengan perahu jukung.
"SRU 2 Penyisiran dari Pantai Gua Cemara-Pantai Indocor (arah barat). Penyisiran darat jalan kaki dengan jarak 3 km," katanya.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk SRU 3 akan melakukan penyisiran dari Pantai Indocor ke Pantai Pandan Simo atau arah barat sejauh 4 kilometer dengan jalan kaki. Serta dari SRU 4 menyisir dari Pantai Pandan ke arah Muara Trisik juga sejauh 4 kilometer.
"SRU 5 penyisiran dari Pantai Goa Cemara- Muara Trisik penyisiran darat menggunakan amphibious, jarak 11 km. Lalu SRU 6 penyisiran dari Pantai Gua Cemara ke Pantai Samas (arah timur). Penyisiran darat menggunakan ATV, jarak 3 km. Dan SRU 7 Penyisiran via udara dengan menggunakan paramotor jika cuaca memungkinkan," katanya.
Sebelumnya, tujuh wisatawan yang masih satu keluarga besar asal Kabupaten Sleman hanyut di Pantai Goa Cemara pada Kamis (6/8). Dua korban berhasil ditemukan dan meninggal saat di rumah sakit. Sementara lima korban lain masih dalam pencarian.
ADVERTISEMENT
Mereka adalah Joko Widodo (30) bersama anak-anaknya, Muh Zafir Z A (8), Muh. Rizki R (7), Ahmad Chairul (4), dan keponakan bernama Muhammad Zidan (8).
Saat peristiwa terjadi, korban sedang bermain bola di pinggir pantai lalu datanglah ombak yang menggulung mereka.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)