News
·
4 Maret 2020 11:30

Polisi soal Tuyul di Ciamis: Warga Jangan Percaya Takhayul, Itu Bukan Tuyul

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Polisi soal Tuyul di Ciamis: Warga Jangan Percaya Takhayul, Itu Bukan Tuyul (180063)
Botol yang diduga berisi Tuyul di Ciamis. Foto: Dok. Istimewa
Warga Desa Sindangsari, Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat, dibuat geger dengan ditemukannya sebuah botol yang diduga berisi tuyul. Di dalam botol itu, terlihat sejenis makhluk kecil berwajah sedikit lonjong bertubuh hitam.
ADVERTISEMENT
Sontak makhluk dalam botol yang diduga tuyul itu menimbulkan banyak spekulasi dan anggapan-anggapan mistis di kalangan warga sekitar. Menanggapi hal itu, polisi turun tangan.
Kapolsek Banjarsari Kompol Sayimin mengimbau masyarakat agar tidak resah. Menurut dia, usai geger penemuan makhluk diduga tuyul itu, polisi langsung berkoordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.
"Mengimbau kepada masyarakat agar tidak resah. Dan masyarakat diharap tenang, serta tidak mempercayai takhayul dengan adanya tuyul dan kabar-kabar yang belum tentu dengan kebenarannya," ujar Sayimin, Rabu (4/3).
Sayimin mengatakan hasil koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat setempat, salah satunya adalah Kiai Ibnu Katsir, makhluk yang berada dalam botol itu bukanlah tuyul.
"Menurut keterangan salah satu tokoh agama yaitu Bapak Kiai Ibun Katsir menerangkan bahwa temuan masyarakat yang dipercayai sebagai tuyul adalah bukan tuyul," ujar Sayimin.
ADVERTISEMENT
Sayimin belum menjawab makhluk apa yang berada di dalam botol itu.