Populer: Penembakan di Kantor MUI hingga Isu Anak Yasonna Bisnis di Lapas

3 Mei 2023 8:23
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menkumham Yasonna H Laoly Usai Hadiri Acara HAM Sedunia di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (12/12/2022). Foto: Aprilandika Pratama/kumparan
ADVERTISEMENT
Sejumlah peristiwa penting dan menarik menjadi berita populer pada Selasa (2/5). Mulai dari Daihatsu akui manipulasi data uji tabrak hingga isu anak Yasonna bisnis di lapas.
ADVERTISEMENT
Bagi Anda yang tak sempat mengikuti perkembangan berita terkini di hari kemarin, kumparan merangkum lima berita populer berikut. Ada apa saja?

Said Iqbal Minta Maaf ke Anies

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (14/1). Foto: Jonathan Devin/kumparan
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, saat peringatan May Day Fiesta di Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (1/5), menyebut Anies Baswedan diundang sebagai pihak yang masuk bursa capres. Namun saat itu Said Iqbal bilang Anies tak merespons.
Belakangan, Anies ternyata mengklarifikasi langsung hal tersebut. Ternyata Said mengaku tak pernah kirim undangan ke mantan gubernur Jakarta itu.
"Pak Anies sudah hubungi Said Iqbal. Lalu Said minta maaf dan bercerita kalau dia sakit sehingga lupa tidak mengecek ulang," kata anggota tim media Anies, Naufal Firman Yursak, di akun Twitternya, Selasa (2/5).
ADVERTISEMENT

Viral Produknya Made in China, Begini Penjelasan EIGER

Pabrik tas EIGER di Kabupaten Bandung. Foto: EIGER
EIGER jadi perbincangan ramai karena viral unggahan produknya ternyata buatan China. Padahal selama ini, perusahaan produk luar ruang dan kegiatan alam bebas itu, dikenal sebagai brand lokal asal Bandung.
Produk EIGER Made in China viral di postingan sejumlah akun Twitter seperti @kegblgnunfaedh, @reza prasetya, dan @bakso___666. Warganet kemudian mempertanyakan keaslian dari produk tersebut. PR Executive EIGER, Shulhan Syamsur Rijal, menjelaskan produk tersebut memang asli dikeluarkan oleh EIGER.
"Itu memang original produk EIGER. Nomor artikelnya mengarah ke produk topi. Untuk hal ini, EIGER memang menyediakan produk kegiatan luar ruang yang berasal dari berbagai pemasok, prioritas pemasok tetap dari dalam negeri, sebagian kecilnya dipasok dari pemasok lain dari luar Indonesia," ujar Shulhan dalam keterangannya, Selasa (2/5).
ADVERTISEMENT

Isu Anak Yasonna Diduga Monopoli Usaha di Lapas

Yamitema Laoly, anak Menkumham Yasonna Laoly. Foto: YouTube/Jeera Foundation
Anak Menkumham Yasonna Laoly, Yamitema Laoly, tengah menjadi sorotan. Ia disebut terlibat bisnis, bahkan hingga memonopoli, di sejumlah lapas dan rutan.
Berawal ketika aktor senior Tio Pakusadewo mengungkapkan tidak ada kepala lapas hingga sipir yang bekerja dengan benar. Hal itu disampaikan saat jadi bintang tamu di Youtube Uya Kuya, Tio Pakusadewo mengungkapkan soal bisnis yang terjadi di dalam lapas.
Tio Pakusadewo pun mengungkapkan ada anak menteri yang terlibat. Kemudian, akun Twitter @PartaiSocmed mengomentari pernyataan Tio Pakusadewo dengan menyebut yang dimaksud Tio Pakusadewo adalah Yamitema Laoly, Chairman dan Co Founder Jeera Foundation.

Daihatsu Akui Manipulasi Data Uji Tabrak

All New Daihatsu Ayla Foto: Rizki Fajar Novanto/kumparan
Daihatsu Motor Corporation (DMC) mengakui melakukan penyimpangan prosedur uji tabrak samping mobil yang diproduksinya. Hal ini diketahui dari siaran resmi pabrikan pada Jumat 28 April 2023.
ADVERTISEMENT
"Kami meminta maaf karena telah mengkhianati kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya, serta menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang besar," demikian penggalan dari keterangan resmi.

Ini Tampang Penembak Kantor MUI

Wajah pelaku penembakan di gedung MUI Jakarta, Selasa (2/5/2023). Foto: Dok. Istimewa
Kantor MUI, di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, ditembak seorang pria, Selasa (2/5). Akibat kejadian ini, satu orang terluka. Pria tersebut tampak mengenakan kemeja kotak-kotak berwarna merah dengan aksen biru dan menggunakan celana hitam. Belum diketahui identitas pria tersebut.
Menurut Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komaruddin, pelaku sudah tewas. Namun belum ada info tentang penyebab tewasnya pelaku.
"Pelaku sudah meninggal," ujar Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, saat dikonfirmasi, Selasa (2/5).