RK Usai Bertemu Boy Rafli: Vaksinasi Antivirus Radikalisme & Terorisme di Jabar

12 Januari 2022 16:32
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ridwan Kamil kunjungi rumah salah satu korban susur sungai kawasan Ciamis, di Kampung Cikumpa RT6/5, Kelurahan/Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar di Gedung Sate, Rabu (12/1). Dalam kunjungan Boy itu, Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil menyampaikan program deradikalisasi di daerahnya.
ADVERTISEMENT
"Kami kedatangan Kepala BNPT Boy Rafli Ahmad bersama jajaran yang memberikan update berisi situasi keindonesiaan yang berhubungan dengan potensi radikalisasi, terorisme dan penanganan terorisme," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (12/1).
"Jabar dengan penduduk 50 juta seringkali menjadi objek ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Kami akan menghubungkan inisiatif Pemprov dan BNPT. Sehingga jadi permodelan," lanjut Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil mengatakan bahkan sedang melaksanakan vaksinasi antivirus radikalisme dan terorisme di Jawa Barat. "Ibaratnya kami sedang melaksanakan vaksinasi antivirus radikalisme dan terorisme," kata dia.
Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga mengatakan salah satu yang sudah dilakukan institusinya adalah sudah dimulai dengan kemah kebangsaan. Kemudian melantik duta pancasila dan duta bela negara.
"Ada program ajengan masuk sekolah untuk memberikan narasi counter terhadap potensi ceramah, narasi yang menggeser kepancasilaan ke arah radikalisasi. Kita ada sekoper cinta, sekolah ibu-ibu, kurikulumnya salah satunya deteksi radikalisme supaya gak ada kejadian di awal tahun 2000-an ada tetangga yang merakit bom, " kata dia.
ADVERTISEMENT