News
·
9 Mei 2021 20:39

Satgas Nemangkawi Tangkap Victor Yeimo, Aktor Kerusuhan di Papua

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Satgas Nemangkawi Tangkap Victor Yeimo, Aktor Kerusuhan di Papua (314159)
Aktor kerusuhan Papua ditangkap Satgas Nemangkawi. Foto: Satgas Nemangkawi
Satgas Nemangkawi berhasil menangkap aktor kerusuhan Papua bernama Victor Yeimo di Jayapura, Papua. Victor diketahui sebagai orator aksi yang memprovokasi meletusnya kerusuhan Papua tahun 2019.
ADVERTISEMENT
"Satgas Gakkum Nemangkawi berhasil menangkap DPO aktor kerusuhan Papua 2019, Victor Yeimo,” kata Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol M. Iqbal Alqudussy lewat keterangannya, Minggu (9/5).
Iqbal menuturkan, tersangka masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) pada 2019 lalu. Dia disangka melakukan makar dan kejahatan terhadap keamanan negara.
Iqbal menambahkan, dari keterangan saksi Victor sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat.
“Melakukan kekerasan terhadap orang, barang dan atau membawa senjata tajam tanpa izin. Berdasarkan keterangan saksi yang menyebutnya sebagai pimpinan demo dan orator yang berorasi mengenai Papua merdeka dan memprovokasi masyarakat,” ujar Iqbal.
Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 106 jo Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau pasal 66 UU nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, serta lagu kebangsaan.
ADVERTISEMENT
***
Saksikan video menarik di bawah ini: