News
·
10 Oktober 2020 11:20

Trump: Saat ini Saya Bebas Pengobatan Corona, Tak Minum Obat Apa pun, Saya Kuat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Trump: Saat ini Saya Bebas Pengobatan Corona, Tak Minum Obat Apa pun, Saya Kuat (81529)
Presiden AS Donald Trump mengepalkan tangan saat berjalan keluar dari Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed. Foto: Jonathan Ernst/Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku saat ini bebas dari pengobatan virus corona, usai tertular pada 2 Oktober lalu. Tak diketahui apakah Trump benar-benar sudah sembuh atau tidak.
ADVERTISEMENT
Dalam wawancaranya di Fox News, Jumat (9/10) malam waktu setempat, Trump telah diperiksa lagi terkait virus corona, namun tak mengungkapkan hasilnya. Ia hanya menegaskan telah berhenti minum obat delapan jam lalu dan dalam kondisi yang sehat.
"Saya merasa sangat kuat," kata Trump, dilansir Reuters, Sabtu (10/10).
"Saat ini saya bebas pengobatan. Saya tidak minum obat apa pun sejak, Anda tahu, mungkin delapan jam yang lalu," imbuhnya.
Trump: Saat ini Saya Bebas Pengobatan Corona, Tak Minum Obat Apa pun, Saya Kuat (81530)
Presiden AS Donald Trump melihat keluar dari Truman Balcony saat tiba di Gedung Putih sekembalinya dari Walter Reed Medical Center, tempat dia menjalani perawatan untuk Covid-19. Foto: Nicholas Kamm/ AFP
Trump belakangan bersikeras ingin kembali berkampanye. Bahkan sudah membuat jadwal kampanye pada akhir pekan di Florida dilanjut Pennsylvania pada Senin (12/10). Masyarakat dan para pendukung Trump akan diperiksa suhu, diwajibkan memakai masker, dan membawa pembersih tangan.
Namun, keinginan Trump ini mendapat kritik tajam dari rivalnya, capres dari Partai Demokrat, Joe Biden. Ia juga sempat menolak bertemu dengan Trump saat debat putaran kedua pada 15 Oktober nanti --debat kemudian dibatalkan.
ADVERTISEMENT
"Semoga beruntung. Saya tidak akan muncul kecuali Anda bermasker dan menjaga jarak," katanya kepada wartawan di Paradise, Nevada.
Trump dan pemerintahannya telah menghadapi kritik atas penanganan pandemi virus corona, karena pendekatan yang lalai untuk mengenakan masker dan menjaga jarak di Gedung Putih.
Setidaknya ada 11 orang yang menghadiri acara pencalonan Amy Coney Barrett sebagai Hakim Agung di Gedung Putih pada 26 September dinyatakan positif virus corona, termasuk Trump dan Ibu Negara Melania Trump.
Trump: Saat ini Saya Bebas Pengobatan Corona, Tak Minum Obat Apa pun, Saya Kuat (81531)
Presiden AS Donald Trump selama acara kampanye di Fayetteville, North Carolina, AS, (19/9) Foto: Tom Brenner/REUTERS
Setelah dinyatakan terinfeksi virus corona, Trump dirawat selama tiga hari di RS militer Walter Reed. Usai diizinkan pulang, Trump mengklaim sudah sehat berkat regeneron.
Regeneron adalah obat antibodi campuran eksperimental. Nama obat itu adalah REGN-COV2, dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Regeneron Pharmaceuticals.
ADVERTISEMENT
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona