kumparan
26 Juni 2018 10:33

5 Kendaraan Beroda 3 yang Bisa Diajak Ngebut

Benz Patent Motorwagen (Foto: dok. Auto Express)
Tidak banyak orang yang tahu kalau mobil pertama --dengan mesin berbahan bakar-- yang diluncurkan hanya memiliki tiga roda dan bentuknya menyerupai kereta kuda. Adalah Benz Patent-Motorwagen, produsen kendaraan yang pertama kali menghadirkan sarana transportasi darat yang digerakan oleh mesin ini.
ADVERTISEMENT
Benz Patent Motorwagen sendiri adalah perusahaan yang dibua Karl Benz pada tahun 1885 --salah satu founding fathers Mercedes Benz--. Saat itu mesin kecil 1.000 cc-nya mampu berlari dengan tenaga 0,6 dk.
Seperti tidak ingin kehilangan 'ruh' bentuk awalnya, ada banyak pabrikan yang kembali memproduksi kendaraan dengan tiga roda ini.Namun kali ini, beberapa diantaranya juga menyematkan mesin buas hasil inovasinya, Berikut lima kendaraan roda tiga dengan performa yang menjanjikan dikutip dari Motor1.
1. Carver One
Carver One (Foto: dok. Carver Europe)
Carver One resmi diluncurkan tahun 2002 silam oleh Carver Europe pabrikan asal Belanda. Kendaraan roda tiga ini sekaligus menjadi kendaraan pertama yang dapat bergerak tilt --seperti memiringkan dirinya saat menikung. Hal ini dimungkinkan berkat sambungan rangka dan suspensinya.
ADVERTISEMENT
Kendaraan yang memiliki dua kursi depan dan belakang ini dilengkapi dengan mesin bensin 660 cc 4-silinder yang dilengkapi dengan turbocharger sehingga mampu menggelontorkan tenaga hingga 68 dk. Dengan mesin tersebut, mobil ini dapat berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam waktu 8 detik saja dan kecepatan puncak hingga 185 km/jam.
2. Morgan 3 Wheeler
Morgan 3 Wheeler (Foto: dok. Morgan Motor Company)
Bila sebelumnya ada kendaraan tiga roda dengan desain futuristik, kali ini hadir model serupa lewat tampilannya yang klasik.
Dia adalah Morgan 3 Wheeler besutan Morgan Motor Company asal Inggris yang dikenalkan pertama kali 7 tahun lalu dalam gelaran Geneva Motor Show 2011.
Mobil tiga roda Morgan ini dilengkapi dengan mesin bensin V-twin 2.000 cc 2-silinder yang mampu memuntahkan tenaga hingga 82 dk dan dilengkapi dengan transmisi manual 5-percepatan milik Mazda. Selain itu Morgan Motor Company juga diyakini tengah menyiapkan versi listrik dari mobil ini, yang bentuk konsepnya sudah dikenalkan pada Geneva Motor Show 2018 lalu.
ADVERTISEMENT
3. Vanderhall Venice Roadster
Vanderhall Venice Roadster (Foto: dok. Vanderhall Motor Works)
Selanjutnya ada kendaraan roda tiga lainnya asal daratan Amerika bernama Vanderhall Venice yang dibuat Vanderhall Motor Works. Tercatat sudah ada dua generasi Vanderhall Venice, terakhir pada awal tahun lalu generasi Vanderhall Venice lahir dengan embel-embel roadster.
Bentuknya seperti Morgan 3 Wheeler, lonjong dengan lampu bulat di depannya. Hanya saja Vanderhall lebih futuristik, apalagi ban yang digunakan menggunakan ukuran ban seperti mobil umumnya. Kesamaan lainnya dengan Morgan 3 Wheeler adalah absennya penutup ruang berkendara.
Kendaraan ini dibangun atas rangka monokok aluminium dan mesin bensin 1.400 cc dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga hingga 140 dk yang disalurkan pada transmisi otomatis 6-percepatan.
4. Campagna T-Rex
Campagna T-Rex (Foto: dok. Auto Class Magazine)
Tahun 1995 pabrikan otomotif asal Kanada, Campagna, menghadirkan T-Rex, mobil yang memiliki tiga roda dengan konfigurasi 2-kursi penumpang.
ADVERTISEMENT
Tepat 3 tahun lalu, Campagna meluncurkan T-rex edisi terbatas yang hanya dijual sebanyak 20 unit. Masih sama, beroda tiga, hanya saja tampilannya lebih modern dengan penggunaan bahan karbon fiber dan rangka aluminium, selain itu juga tenaga mesinnya tergolong buas.
Tenaganya berasal dari mesin 1.650 cc 6-silinder yang dikembangkan oleh BMW dan menjanjikan daya 160 dk pada 7.750 rpm dan torsi maksimum 174 Nm pada 5.250 rpm. Selain itu Campagna T-Rex juga dilengkapi dengan suspensi tingkat 5 yang dapat diatur sesuai kebutuhan serta pengereman dengan performa tingi.
5. Polaris Slingshot
Polaris Slingshot (Foto: dok. Polaris)
Polaris yang terkenal memproduksi mobil salju dan ATV nyatanya juga membuat kendaraan tiga roda bernama Slingshot. Modelnya ini pertama kali dikenalkan tahun 2014.
ADVERTISEMENT
Sama seperti Morgan 3 Wheeler, tidak ada penutup kabin pada mobil ini --alias convertible. Hanya saja ruang duduknya terbuat dari bahan yang anti-air dan dilengkapi dengan setir kemudi yang bisa diatur secara tilt.
Selain itu untuk memunculkan aura balapnya, tempat duduknya dirancang ala bucket seat. Selain itu mesinnya bahkan terkenal buas. Mesin 2.400 cc Ecotec dari General Motors (GM) menjanjikan tenaga 173 dk dan torsi maksimum mencapai 225 Nm yang dikawinkan pada transmisi manual 5-percepatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan