Otomotif
·
18 November 2020 8:33

5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669591)
Sejumlah bus terparkir di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (30/3/2020). Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Siapa sangka, sasis bus Hino RK8 ternyata ibarat mobil sejuta umat di Indonesia. Banyak perusahaan otobus (PO) dan karoseri yang mengandalkannya.
ADVERTISEMENT
Hino RK8 menjadi favorit banyak PO karena banyak hal. Boleh dibilang sasis model penyempurnaan Hino RG dan RKT ini, merupakan paket komplit dan terjangkau. Selain untuk PO yang sudah mapan, sasis ini juga cocok buat pebisnis transportasi pemula.
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669592)
Kursus setir bus Sumber Alam. Foto: dok. Youtube Sumber Alam ID
Setidaknya ada 5 alasan yang membuat Hino RK8 paling sering dilirik. Berikut penjelasan Bodymaker Department Head PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) Heri Komala.

1. Harga terjangkau

Pertama, Hino RK8 menjadi andalan para pebisnis transportasi karena harganya yang ramah kantong. Maklum, sebagai pengusaha tentu mengutamakan pembelian aset yang value for money.
Terjangkau bukan berarti tanpa kualitas, Heri menyebut Hino RK8 mampu menjawab segala kebutuhan customernya di Indonesia.
"Banyak customer memilih Hino RK8 karena dari segi harga dibanding kompetitor itu lebih terjangkau. Kemudian, apa yang diminta oleh customer itu ada di Hino RK8," jelasnya kepada kumparan, Selasa (17/11).
ADVERTISEMENT
Sayangnya Heri tidak menyebut nominal harganya. Namun bila dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, banderol Hino RK8 lebih murah katanya.

2. Mesin bandel dan mudah dioperasikan

Heru menjelaskan lagi, mesin Hino RK8 terkenal karena durabilitasnya yang baik dan jago di tanjakan, sehingga banyak PO yang kesengsem dengan sasis dan mesin ini.
Mengacu spesifikasi, Hino RK8 dipasangkan mesin Diesel berkode J08E-UF berkubikasi 7.684 cc, 6-silinder, yang menjanjikan tenaga 260 dk di 2.500 rpm, serta torsi maksimum 745 Nm yang dicapai pada 1.500 rpm.
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669593)
Ilustrasi PO Sinar Jaya. Foto: dok. PO Sinar Jaya
Daya maksimumnya tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Kemudian sekali minum bisa menenggak 270 liter solar.
Selain itu, sasis bus Hino RK8 juga belum dipasangkan berbagai teknologi canggih seperti rem Anti-lock Braking System (ABS), suspensi udara atau retarder, sehingga operasionalnya lebih mudah untuk semua kalangan pengemudi.
ADVERTISEMENT
"Makanya RK ini adalah andalan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) trayek jarak jauh, untuk pariwisata yang orientasinya kenyamanan kebanyakan pilih sasis RN karena sudah air suspension," pungkas Heri.

3. Kemudahan aftersales dan spare part

Terlebih ketersediaan suku cadang Hino RK8 yang tersebar di pasaran dengan harga yang juga terjangkau. Karena populasinya yang banyak, bengkel umum pun bisa memperbaiki dan menyediakan spare part Hino RK8.
"Umpama ada problem sedikit, enggak susah, karena Hino banyak diler dan servis outlet-nya jadi untuk penanganannya lebih mudah," katanya.
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669594)
Bus yang menggunakan sasis Hino RK8. dok. HMSI

4. Mudah diterima banyak karoseri dan bisa dijadikan high deck

Tak kalah penting, Hino RK8 merupakan sasis yang mudah digarap menjadi berbagi ragam model bus --tidak termasuk double decker. Sederhananya tidak ada batasan atau syarat tertentu untuk Hino RK8. Sehingga banyak karoseri yang mudah menerima Hino RK8.
ADVERTISEMENT
"Dari 25 daftar karoseri yang ada, bisa dibilang semuanya pernah garap sasis RK. Malah ada beberapa karoseri yang spesialisasinya buat bus dari Hino RK8," katanya.
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669595)
Bus baru PO Muji Jaya. Foto: dok. PO Muji Jaya
Selain itu Hino RK8 juga mampu menjawab kebutuhan masa kini. Ya, sasis reguler tersebut ternyata bisa dirombak menjadi bus dek tinggi atau high deck oleh banyak karoseri.
Namun Heri mengatakan sebenarnya sasis RK8 tidak cocok untuk bus high deck, karena poros roda belakangnya belum pakai 2-axle.

5. Harga jual kembali bus dengan sasis Hino RK8 yang stabil

Peremajaan armada sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan setiap PO. Supaya tetap dapat cuan, bus lama dijual ke PO lain biasanya untuk dipasangkan bodi baru. Nah khusus bus bersasis Hino RK8, harga sekennya terbilang stabil ketimbang sasis lain.
5 Keunggulan Sasis Hino RK8, Andalan Bus AKAP di Indonesia (669596)
Bus baru milik PO Muji Jaya Putra Mandiri. Foto: dok. PO Muji Jaya Putra Mandiri
"Karena keunggulan lain yang dimiliki RK itu irit bahan bakar, pengoperasiannya tidak susah, dan pemasangan bodi ke sasis tidak rumit," tuntasnya.
ADVERTISEMENT