Otomotif
·
3 Agustus 2020 18:03

Apa yang Terjadi Bila Mesin Mobil Kelebihan Pelumas?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa yang Terjadi Bila Mesin Mobil Kelebihan Pelumas? (28147)
Ilustrasi Isi Oli Pertamina Fastron Techno 10W-30 Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Pelumas atau oli mesin jadi salah satu komponen penting pada mesin mobil yang harus selalu diperhatikan penggantiannya. Selain harus tahu waktu penggantiannya, setiap pemilik mobil juga wajib tahu berapa takaran liter oli pada mesin mobilnya.
ADVERTISEMENT
Sebab, setiap jenis dan spesifikasi mobil, umumnya punya takaran liter oli berbeda-beda. Ada yang 3,5 liter dan ada juga yang 4 liter.
Karena itu, penting bagi setiap pemilik mobil mengetahui berapa takaran liter oli yang dibutuhkan bagi mobilnya saat melakukan penggantian oli.
Bila sampai salah takaran atau kelebihan, tentu bisa berakibat fatal bagi mesin mobil itu sendiri.
Dampaknya permukaan oli akan lebih tinggi, sehingga akan membuat gerakan mesin menjadi terhambat. Ini yang biasa disebut dengan fluid friction," ucap Nurudin, JR. Technical Specialist Rotating Equipment and Gas Engine PT Pertamina Lubricants.
Apa yang Terjadi Bila Mesin Mobil Kelebihan Pelumas? (28148)
Pilihan Oli Pertamina Fastron Techno Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Terburuknya, bila hal tersebut terus dibiarkan dan sering terjadi, bukan tidak mungkin pemilik mobil akan mengalami turun mesin.
"Biasanya mesin akan jadi panas, lalu tarikan juga jadi berat karena piston yang seharusnya mudah bergerak jadi terhambat karena kelebihan oli tadi. Nah akibat mesin berat itu, juga akan jadi boros," jelas Nurudin.

Cara mudah mengetahui takaran liter pelumas mesin mobil

Untuk mengetahui takaran liter oli mesin mobil, pemilik mobil bisa melihatnya di buku manual. Namun bagi yang sudah tidak memiliki buku manual, bisa dengan berpatokan pada dipstick oli.
ADVERTISEMENT
"Dipstick itu punya batas maksimal dan minimal. Jadi ya jangan sampai lebih dari batas maksimal itu," kata Nurudin.
Apa yang Terjadi Bila Mesin Mobil Kelebihan Pelumas? (28149)
Pilihan Oli Pertamina Fastron Gold Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
Termudahnya, pemilik mobil bisa mengisi terlebih dahulu oli mesinnya sebanyak 3 liter. Selanjutnya cek dipstick oli yang ada di mesin.
Dalam mengeceknya, sebaiknya bersihkan dahulu permukaan dipstick oli tersebut dengan spons atau lap kanebo. Bila sudah dibersihkan, masukan kembali dipstick oli dan selanjutnya cabut lagi untuk mengeceknya.
Bila masih kurang, maka tambah oli tersebut sedikit demi sedikit dengan diselingi mengecek dipstick oli.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)