Otomotif
·
6 Juni 2021 8:58
·
waktu baca 5 menit

Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170687)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
MG HS varian i-Smart Magnify resmi jalani debutnya di Indonesia dengan meluncur di Central Park Mall, Jakarta Barat, pada Rabu (2/5/2021).
ADVERTISEMENT
Hadir sebagai varian tertinggi yang dibanderol dengan harga Rp 469,8 juta selama periode peluncuran, MG HS i-Smart Magnify ini dibekali dengan berbagai fitur unggulan.
Salah satu fitur yang diklaim bakal jadi andalan dari mobil ini, tentu saja fitur semi otonomos, MG Pilot. Fitur ini merupakan gabungan dari berbagai fitur keselamatan aktif dan fitur bantuan mengemudi, atau yang disebut juga Advanced Driving Assistance System (ADAS).
Di dalam fitur MG Pilot ini terdapat berbagai fitur canggih yang berguna membantu pengemudi dalam meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Dengan banderol harga yang tidak sampai Rp 500 juta, ragam fitur yang dimiliki MG HS i-Smart Magnify ini terbilang lengkap. Penasaran ingin tahu apa saja fitur yang ada dan seperti apa fungsinya? berikut kumparan sajikan ulasan singkatnya.
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170688)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan

Lane Assist System (LAS)

Pertama mari kita awali dari paket fitur Lane Assist System. Di dalam paket fitur Lane Assist System ini terdiri dari beberapa fitur lain, seperti Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), dan Lane Keep Assist (LKA).
ADVERTISEMENT
Secara garis besar, seluruh fitur-fitur itu bekerja saling berkesinambungan dalam memberi peringatan dan mengoreksi laju mobil saat terdeteksi keluar dari jalur semestinya tanpa disadari. Fitur ini berguna untuk mencegah potensi pengemudi hilang fokus yang menyebabkan mobil bergerak tanpa disadari.
Saat mobil terdeteksi berpindah jalur tanpa menghidupkan lampu sein, maka sistem akan memberikan peringatan melalui suara dan getaran. Apabila peringatan itu dihiraukan dan sistem mendeteksi mobil tetap bergerak berpindah jalur, selanjutnya sistem akan mengintervensi roda kemudi untuk kembali ke jalur semula.
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170689)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dalam proses bekerjanya, fitur ini akan membaca garis marka jalan melalui kamera dan sensor yang ada. Dengan demikian, fitur ini akan sangat bergantung pada kondisi marka jalan yang ada. Apabila marka jalan tersebut tidak terlihat jelas, maka fitur ini tidak akan aktif.
ADVERTISEMENT

Front Drive Assist

Selanjutnya ada paket fitur Front Drive Assist. Sama seperti paket fitur Lane Assist System, pada paket fitur Front Drive Assist ini juga dibagi dalam beberapa fitur lain, seperti Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist Forward Collision Warning, dan Intelligent High-beam Control.
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
Seluruh fitur itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. untuk fitur Adaptive Cruise Control memiliki fungsi untuk menyesuaikan kecepatan dan jarak kendaraan yang dikemudikan dengan kendaraan lain yang berada di depannya.
Mudahnya, saat pengemudi mengaktifkan fitur ini dan menyetel kecepatan mobil pada kecepatan tertentu, maka sistem akan menyesuaikan laju mobil dengan kecepatan tersebut atau objek di depannya. Apabila objek di depannya mengurangi kecepatan atau bahkan berhenti, maka sistem secara otomatis juga akan menurunkan kecepatan mobil.
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170690)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Fitur ini akan sangat bermanfaat apabila Anda bepergian dengan jarak jauh dan menggunakan jalan tol yang panjang seperi tol Trans Jawa. Dengan mengaktifkan fitur Adaptive Cruise Control ini, maka Anda tidak perlu lagi repot menginjak pedal gas dan pedal rem.
ADVERTISEMENT
Meskipun sangat membantu dan memudahkan pengemudi, tetap saja peran utama serta kewaspadaan pengemudi sangat dibutuhkan guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
  • Traffic Jam Assist (TJA)
Selanjutnya ada fitur Traffic Jam Assist. Secara garis besar, fitur ini memiliki cara kerja yang hampir sama seperti Adaptive Cruise Control. Perbedaannya, fitur ini akan fokus pada laju mobil di kondisi stop and go dengan lalu lintas yang padat.
“Dengan Traffic Jam Assist, para pengemudi MG HS i-Smart dapat mengatur laju kendaraan secara otomatis saat kendaraan tengah berada dalam situasi kemacetan,” jelas Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin, dalam peluncuran MG HS Magnify i-Smart, Rabu (2/5).
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170691)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
  • Forward Collision Warning (FCW)
Berikutnya ada fitur Forward Collision Warning yang berguna mencegah potensi terjadinya tabrakan dengan objek di depannya. Fitur ini akan memberikan peringatan hingga mengintervensi pedal rem apabila sistem mendeteksi adanya objek di depan mobil yang berhenti atau mendekat secara tiba-tiba.
ADVERTISEMENT
Menyoal cara kerjanya, sistem akan memberikan peringatan suara terlebih dahulu namun apabila objek di depan dirasa sudah sangat dekat sementara laju mobil tidak melambat, selanjutnya sistem akan melakukan intervensi pada pedal rem dengan mengerem secara otomatis.
Fitur ini sangat berguna mencegah terjadinya tabrakan beruntun, khususnya ketika berada di jalan tol.
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170692)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
  • Intelligent High-beam Control (IHC)
Berbeda dengan fitur-fitur lain yang ada pada paket fitur Front Drive Assist, fitur satu ini berfungsi untuk mengatur arah sorotan lampu depan mobil.
Saat sistem mendeteksi kondisi penerangan di depan sangat gelap, secara otomatis sistem akan mengaktifkan lampu jauh. Lalu apabila setelahnya terdeteksi ada laju mobil dari arah berlawanan, sistem akan langsung mengubah pengaturan dari lampu jauh menjadi lampu dekat.
ADVERTISEMENT

Rear Drive Assist (RDA)

Terakhir ada paket fitur Rear Drive Assist yang di dalamnya terdiri dari 3 fitur lain, yakni Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Detection (BSD), dan Door Open Warning (DOW). Ketiga fitur dari Rear Drive Assist ini juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut selengkapnya.
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA)
Fitur Rear Cross Traffic Alert jadi fitur pertama yang ada pada paket fitur Rear Drive Assist. Fitur ini berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan saat mobil sedang mundur atau keluar dari area parkir.
Dalam melakukan pencegahan, fitur ini akan memberikan sinyal suara apabila terdeteksi ada objek yang mendekat dari arah samping belakang saat mobil mundur. Jika peringatan itu tidak membuat laju mobil melambat dan sistem melihat adanya potensi terjadinya tabrakan, secara otomatis sistem akan melakukan pengereman.
Bedah Fitur Semi Otonomos MG HS i-Smart, Lebih Canggih dari Wuling Almaz? (170693)
searchPerbesar
MG HS i-Smart. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
  • Blind Spot Detection (BSD)
ADVERTISEMENT
Tak ketinggalan, MG HS i-Smart Magnify ini juga memiliki fitur Blind Spot Detection. Fitur ini berfungsi untuk memberikan peringatan dan mencegah terjadinya tabrakan saat mobil hendak berpindah jalur.
Ketika pengemudi menghidupkan lampu sein dan hendak berpindah jalur, sistem secara otomatis akan membaca situasi jalan di samping kanan atau kiri yang akan dituju. Apabila terdapat objek kendaraan di sisi tersebut, sistem akan secara langsung memberikan peringatan suara.
  • Door Open Warning (DOW)
Fitur pamungkas yang ada pada paket fitur Rear Drive Assist, yakni Door Open Warning. Secara fungsi, fitur ini akan memberikan peringatan dan mengunci pintu secara otomatis ketika pintu hendak dibuka namun ternyata terdeteksi ada objek yang melaju di sisi pintu tersebut.
ADVERTISEMENT
Ini tentu sangat bermanfaat untuk mencegah penumpang anak-anak yang tidak sengaja atau tanpa hati-hati ketika hendak membuka pintu mobil.
Nah, jadi dari berbagai fitur canggih yang dimiliki MG HS i-Smart Magnify ini, mana yang jadi fitur favoritmu?
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020