Otomotif
·
17 Juni 2020 8:17

Benarkah Matikan Mesin Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Benarkah Matikan Mesin Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor? (271360)
All New Toyota Rush. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Pemilik mobil matik wajib mengetahui prosedur mematikan mesin yang benar. Salah-salah tanpa disadari membuat aki tekor sehingga sulit menyalakan mesinnya.
ADVERTISEMENT
Khususnya mobil kekinian yang menggunakan start stop button seperti Avanza Veloz atau Toyota Rush. Jelas Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, hindari mematikan mesin ketika transmisi masih di posisi N (Netral).
"Kemungkinan prosedur yang kurang tepat membuat aki tekor. Saat mesin dimatikan pada posisi N, itu posisi kelistrikan ada di Acc (mode Accessory) bukan Off," buka Didi saat dihubungi kumparan, Selasa (15/6).
Benarkah Matikan Mesin Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor? (271361)
Transmisi otomatiis milik Daihatsu Xenia. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Apabila mobil ditinggalkan semalaman seperti sepulang kerja dalam posisi tersebut, maka jangan heran aki tekor. Ini lantaran dalam mode Accessory, ada arus listrik dalam jumlah tertentu untuk menyalakan aksesori mobil seperti head unit atau power window.
Meski piranti tadi tidak diaktifkan, arus listrik dalam posisi 'stand by' dan tidak terpakai, sehingga tetap menyedot aki. Belum lagi misalnya si pemilik mobil memasang adaptor atau car charger pada power outlet, saat masih dicolokkan dan tidak dipakai, aksesori tersebut tetap teraliri listrik.
Benarkah Matikan Mesin Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor? (271362)
Tampilan dalam Toyota New Avanza Veloz dalam Launching New Avanza and New Veloz di Fairmont Hotel Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Kondisi diperparah saat aki tidak mengalami self discharging atau penurunan performa, akibat tidak mendapat suplai listrik dari alternator. Maka jadilah mesin susah dihidupkan keesokan paginya.
ADVERTISEMENT
Gunakan shift lock
Kendati begitu meninggalkan mobil matik dalam transmisi netral bukannya tidak dibolehkan. Terang Didi, mekanismenya harus menggunakan bantuan shift lock.
"Mesin harus mati di posisi P (Park), baru shift lock ke N. Tapi ada juga beberapa model dalam posisi ini mobil tidak mau dikunci untuk faktor safety," tambahnya.
Shift lock sendiri merupakan peranti tambahan mengubah posisi transmisi mobil matik dalam keadaan mesin mati. Bentuknya berupa tombol kecil. Cara penggunaannya sambil tekan tombol tadi lalu geser transmisi ke kedudukan yang diinginkan, misal dari P ke N.
Benarkah Matikan Mesin Mobil Matik di Posisi N Bikin Aki Tekor? (271363)
Launching Daihatsu All New Terios Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Maka dari itu sebagian mobil matik yang masih menggunakan anak kunci (belum keyless), seperti Avanza, tidak dapat mematikan mesin ketika transmisinya masih N.
ADVERTISEMENT
Didi menerangkan hal tersebut untuk meningkatkan aspek keamanan mobil matik. "Makanya anak kunci enggak bisa dicabut, posisi harus di P dulu," tuntasnya.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.