Otomotif
·
19 Desember 2020 21:13

Berita Menarik: Duel SUV Coupe Jerman; Tips Pemula Terabas Tanjakan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berita Menarik: Duel SUV Coupe Jerman; Tips Pemula Terabas Tanjakan (184903)
BMW X4 M Competition. Foto: dok. BMW Indonesia
Ulasan mengenai sajian infografik komparasi otomotif khas kumparan antara BMW X4M dan Mercedes-AMG GLE 53 Coupe menjadi berita menarik kumparanOTO sepanjang Sabtu (19/12).
ADVERTISEMENT
Keduanya menarik untuk dikomparasikan karena sama-sama mengusung mesin 3.0L berkonfigurasi 6-silinder, jadi bisa kelihatan siapa yang lebih buas. Soal harga, keduanya dibanderol di atas Rp 2 miliar.
Tak cuma itu, artikel yang mengulas kenapa tidak boleh menggunakan oli bekas sisa ke dalam ruang mesin, juga menarik perhatian banyak pembaca kumparan. Disusul tips bagi pemula supaya bisa mahir terabas jalan tanjakan maupun turunan.

Rangkuman berita menarik kumparanOTO

Duel BMW X4 vs Mercedes-AMG GLE 53 Coupe, Mana yang Unggul?

Berita Menarik: Duel SUV Coupe Jerman; Tips Pemula Terabas Tanjakan (184904)
Duel SUV Coupe, BMW X4M vs Mercedes-AMG GLE 53 Coupe. Foto: dok. kumparan
Segmen SUV Coupe kini jadi salah satu segmen baru yang meramaikan pasar mobil mewah. Di segmen ini, ada dua nama yang cukup mencuri perhatian dan sama-sama baru meluncur di tahun 2020, yaitu BMW X4M dan Mercedes-AMG GLE 53 Coupe.
ADVERTISEMENT
Selain punya bentuk bodi yang sama, SUV Coupe, keduanya juga hadir sebagai varian tertinggi sekaligus terbuas. Ya, bila pada BMW X4M dibangun oleh tuner M Division, maka pada Mercedes-AMG GLE 53 Coupe, mengandalkan tuner AMG.
Dari segi tampilannya, kedua mobil ini mengusung bahasa desain yang berbeda. Pada BMW X4M, punya gaya desain yang lebih sporty, sedangkan Mercedes-AMG GLE 53 Coupe, identik dengan tampilan yang elegan.

Jangan Asal Tuang Oli Sisa ke Mesin Mobil, Ini Efeknya!

Berita Menarik: Duel SUV Coupe Jerman; Tips Pemula Terabas Tanjakan (184905)
com-Ilustrasi mengisi oli mobil. Foto: Shutterstock
Di pasaran, tak semua produsen oli menyediakan kapasitas yang sesuai dengan mobil. Misalnya, untuk kapasitas oli 3,5 liter ukuran oli ini jarang dijual, alhasil pemilik harus membeli oli dengan volume 4 liter agar kebutuhan oli mesin terpenuhi.
ADVERTISEMENT
Nah, sisanya 0,5 liter biasanya akan disimpan untuk penggantian selanjutnya. Namun dijelaskan oleh Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kebiasaan menggunakan oli sisa akan berdampak buruk bagi konstruksi mesin dalam jangka panjang.
Apalagi biasanya oli sisa itu akan disimpan dalam kurun waktu yang lama dan akan digunakan kembali pada kelipatan 10 ribu atau waktu servis berikutnya. Kondisi ini justru akan menurunkan kualitas oli itu sendiri.

Pemula, Ini Resep Jago Bawa Motor Trail di Tanjakan dan Turunan Ekstrem

Berita Menarik: Duel SUV Coupe Jerman; Tips Pemula Terabas Tanjakan (184906)
Ilustrasi mengendarai motor trail Foto: Pixabay
Menaiki motor trail memang harus punya keahlian khusus atau paling tidak mengetahui trik jitunya. Ya, musababnya motor trail memiliki tinggi di atas rata-rata motor tipe matik dan bebek.
Jika salah menungganginya potensi terjatuh dari atas motor bisa saja terjadi, apalagi ketika berkendara di habitat aslinya seperti perbukitan atau hutan.
ADVERTISEMENT
Nah, khusus untuk trik menanjak atau menurun menggunakan motor trail di medan off-road, Yamaha Riding Academy (YRA) coba kasih trik ampuhnya.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)