Otomotif
·
20 Juli 2021 19:28
·
waktu baca 2 menit

Berita Menarik: Honda CBF190TR; Penerapan Poin Pelanggaran SIM Berlaku Tahun Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berita Menarik: Honda CBF190TR; Penerapan Poin Pelanggaran SIM Berlaku Tahun Ini (38371)
searchPerbesar
Honda China rilis CBF190TR edisi Marc Marquez. Foto: RideApart
Artikel yang mengulas soal tampilan baru dari Honda CBF190TR khusus pasar China menjadi berita menarik kumparanOTO pada Selasa (20/7).
ADVERTISEMENT
Salah satu nilai jual yang ada di motor ini adalah tampilannya yang kental sebuah motor retro scrambler. Namun hingga saat ini motor tersebut masih terbilang eksklusif, ya, hanya diperuntukan untuk pasar China saja.
Kemudian pemberitaan soal implementasi penerapan penghitungan poin pelanggaran pada SIM yang rencananya berlaku tahun ini juga menarik perhatian pembaca. Disusul artikel menyoal pabrikan yang sengaja mendesain mesin mobil agar jatuh ketika terjadi kecelakaan.

Rangkuman berita menarik kumparanOTO

Bergaya Retro Modern, Honda CBF190TR Baru Mengaspal dengan Banderol Rp 39 Jutaan

Berita Menarik: Honda CBF190TR; Penerapan Poin Pelanggaran SIM Berlaku Tahun Ini (38372)
searchPerbesar
Honda China rilis CBF190TR edisi Marc Marquez. Foto: RideApart
Honda China resmi meluncurkan tampilan baru dari CBF190TR, kali ini mereka menghadirkan edisi pebalapnya, yakni Marc Marquez dengan grafik decal nomor 93.
Secara garis besar, tampilan motor ini menampilkan desain sebuah motor scrambler yang auranya dikombinasi dengan DNA Honda CB650R, CB300R, dan CB1000R.
ADVERTISEMENT
Mengutip RideApart, Honda China melepas motor ini dengan banderol Rp 39,4 juta. Ya harga itu lebih mahal sekitar Rp 9 juta dari Honda CB150R Streetfire yang belum lama ini diperkenalkan di Indonesia.

Penerapan Poin Pelanggaran Pemegang SIM Direncanakan Berlaku Tahun Ini

Berita Menarik: Honda CBF190TR; Penerapan Poin Pelanggaran SIM Berlaku Tahun Ini (38373)
searchPerbesar
Ilustrasi tilang. Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
Polri akan memperketat aturan lalu lintas untuk menekan pelanggaran dan kecelakaan. Tahun ini, implementasi penerapan poin di SIM bagi yang melanggar akan diberlakukan.
"Untuk penerapan Traffic Attitude Record (TAR) kemungkinan tahun ini sudah bisa," kata Kasi Standar Pengemudi Subdit SIM Regident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiman kepada kumparan, belum lama ini.
Arief melanjutkan, secara sistem dan infrastruktur TAR sudah ada, namun butuh finalisasi agar penerapan di lapangan bisa maksimal.
ADVERTISEMENT

Banyak yang Belum Tahu, Ada Mobil yang Mesinnya Dirancang Lepas Saat Kecelakaan

Berita Menarik: Honda CBF190TR; Penerapan Poin Pelanggaran SIM Berlaku Tahun Ini (38374)
searchPerbesar
Kecelakaan Jeep Grand Cherokee di Tol Kanci. Foto: Dok. Istimewa
Pada beberapa kasus kecelakaan mobil, seringkali ditemui mesin mobil yang terjatuh dengan sendirinya dari ruang mesin saat mengalami benturan keras.
Jatuhnya mesin mobil tersebut, rupanya bukan tanpa alasan. Mantan Team Leader Lamborghini Super Trofeo Asia Racing Team, yang juga pemilik bengkel Supercar.id, Resha Ahadiat, mengatakan kondisi itu dikarenakan mobil tersebut telah dilengkapi dengan mekanisme keselamatan yang dapat menjatuhkan mesin dan girboks secara otomatis saat mengalami benturan hebat.
“Memang di beberapa jenis dan merek mobil ada mekanisme seperti itu, umumnya mobil bermesin depan, ya. Jadi saat ada benturan hebat, dia secara otomatis mesinnya akan jatuh ke bawah,” jelas Resha kepada kumparan beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT