Berita Populer: Tips Sebelum Pakai Mobil yang Dijemur; Jenis Mobil Hybrid

30 Agustus 2022 8:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mobil-mobil hybrid Toyota Foto: dok. TAM
zoom-in-whitePerbesar
Mobil-mobil hybrid Toyota Foto: dok. TAM
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kiat yang dilakukan sebelum menggunakan mobil yang dijemur menjadi berita populer kumparanOTO, Senin (29/8).
ADVERTISEMENT
Kemudian mengenal jenis-jenis mobil hybrid, serta wujud Toyota Raize yang diubah jadi mobil patroli kepolisian Jepang.
Berikut rangkuman berita populer kumparanOTO.

Demi Kesehatan, Lakukan Ini Sebelum Gunakan Mobil yang Dijemur

Ilustrasi mobil parkir di bahu jalan. Foto: Shutterstock
Mobil yang dijemur dalam kondisi tertutup perlu dibuka terlebih dahulu jendelanya. Ini untuk mengurangi rasa pengap yang ada di dalamnya.
Namun, ada alasan lain dibalik perlunya membuka jendela dan menyirkulasikan udara di dalam mobil yang dijemur sebelum dipakai. Ini ada kaitannya dengan bahan yang dipakai pada interior mobil.
"Kalau parkir mobil di tempat yang panas, itu dashboard, kursi, karpet, plafon, nah itu semua kan terbuat dari polimer, polimer terbuat dari minyak bumi, kalau kena panas ada bagian yang menguap," ungkap Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, Tri Yuswidjajanto saat dihubungi kumparanOTO, Sabtu (27/8).
ADVERTISEMENT

Mengenal 3 Jenis Mobil Hybrid dan Cara Kerjanya

Deretan mobil hybrid Toyota Indonesia. Foto: dok. Istimewa
Mobil hybrid ternyata banyak jenisnya. Antar satu model dengan yang lain belum tentu sama. Misalnya Toyota Corolla Cross Hybrid dengan Nissan Kicks e-Power, sistem hibridanya berbeda. Secara sederhana, hybrid berarti kombinasi dari dua atau lebih jenis lainnya.
“Mobil hybrid sistemnya menggunakan dua motor penggerak, yang mana satu merupakan motor bakar atau mesin, kemudian yang satunya adalah motor listrik,” ujar Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi kepada kumparan (29/8).
Mengutip motorlease.com, setidaknya ada tiga jenis utama sistem hybrid yang umum digunakan oleh pabrikan mobil dunia yakni full hybrid, mild hybrid, dan plug-in hybrid.

Selain Nissan GT-R, Polisi Jepang Juga Pakai Toyota Raize

Mobil polisi di Jepang pakai Toyota Raize. Foto: dok. Wap Car
Armada mobil polisi Jepang terkenal dengan modelnya yang eksotis. Mulai dari Nissan 370Z, Nissan GT-R, hingga Honda NSX. Masih ada lagi seperti Toyota Prius dan Lexus LC500.
ADVERTISEMENT
Terbaru, mereka memvariasikan lagi armadanya untuk keperluan patroli dan keamanan di negara tersebut. Salah satunya menggunakan Toyota Raize di prefektur Yamanashi, Jepang.
Dalam potret yang diunggah di Twitter, tampak Toyota Raize dilabur kelir hitam dan putih khas kepolisian di sana. Selain warna ada beberapa tambahan perangkat yang diperlukan untuk armada kepolisian seperti lampu rotator.