Otomotif
·
21 September 2018 11:23

Bos Baru Mitsubishi Siap Bawa Eclipse Cross ke Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bos Baru Mitsubishi Siap Bawa Eclipse Cross ke Indonesia? (19179)
Mitsubishi Eclipse Cross (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membuka lembaran baru dalam petualangannya di dunia otomotif Tanah Air. Hal ini ditandai dengan pergantian pada posisi Presiden Direktur.
ADVERTISEMENT
Kyoya Kondo, orang yang menjadi kepala PT MMKSI sejak April 2016 akan resmi digantikan oleh Naoya Nakamura per 25 September 2018. Kondo sendiri selama masa kepemimpinannya bisa dibilang sukses besar. Bermodal senjata baru, Mitsubishi Xpander, dia membawa PT MMKSI menjadi nomor satu di mata Mitsubishi global --Mitsubishi Motor Corporation (MMC).
Nakamura-san pun mengakui kalau kemudian ada permintaan dari MMC untuk melanjutkan kesuksesan yang dicapai Kondo-san ke tahap berikutnya.
"Sekarang Indonesia memang nomor 1 di MMC global. Tapi hanya bagian dari cerita panjang dan rasanya belum cukup. Kami harus punya posisi yang kuat untuk berhadapan dengan kompetitor. Saya rasa tidak cukup jadi nomor satu di jaringan distribusi, harus bisa lebih lagi," ujar dia kepada rekan media di sela-sela acara perpisahan dengan Kondo-san beberapa waktu lalu.
Bos Baru Mitsubishi Siap Bawa Eclipse Cross ke Indonesia? (19180)
Mitsubishi e-EVOLUTION CONCEPT (Foto: Mitsubishi Motors )
Nakamura-san sendiri bukan hanya bersilat lidah. Di lihat dari rekam jejaknya, pria yang sebelumnya menjadi bos Mitsubishi di Rusia ini, terbukti punya tangan dingin untuk meamasarkan kendaran roda empat.
ADVERTISEMENT
"Saya di Rusia selama dua tahun (2016-2018), dan selama di sana, angka penjualan naik sekitar tiga kali lipat," cerita dia.
Meski begitu dia pun sadar betul kalau pasar di tempat sebelumnya itu tidak bisa disamakan dengan pasar di Indonesia. Hal-hal seperti cuaca dan iklim, sampai ke kebiasaan dan karakteristik konsumen jelas berbeda. Oleh sebab itu di awal masa jabatannya ini dia akan coba memetakan persepsi serta ekspektasi konsumen Indonesia terhadap kendaraan roda empat.
Bicara produk baru
PT MMKSI sendiri bisa dibilang sedang menikmati masa-masa di puncak jika bicara soal penjualan kendaraan penumpang. Diakui Nakamura-san kehadiran produk baru, Mitsubishi Xpander, berhasil mengubah cara padang masyarakat terhadap brand mereka yang selama ini lebih dikenal produk kendaran komersilnya.
Bos Baru Mitsubishi Siap Bawa Eclipse Cross ke Indonesia? (19181)
Siluet Mitsubishi Triton generasi keenam (Foto: dok. Mitsubishi )
Oleh sebab itu, meski sempat mengatakan, "Terlalu awal untuk membicarakan hal ini," dia sempat menginformasikan rencanaya untuk menghadirkan model baru di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Sebelum datang ke Jakarta, saya sempat ke Tokyo dan banyak meeting dengan manajemen maupun RnD. Yang bisa saya katakan, kami akan meluncurkan dan merakit lagi produk global baru di pabrik di Indonesia," bebernya.
Sayangnya saat coba digali lebih jauh tentang kemungkinan kendaraan yang dihadirkan, Nakamura-san memilih untuk tidak memberi bocoran lebih banyak lagi dan hanya mengatakan, "Saat waktunya tiba pasti akan kami umumkan." tutup Nakamura.