kumparan
search-gray
Otomotif10 November 2018 15:26

Chevrolet Rilis Captiva Baru, Mirip dengan SUV Wuling di GIIAS 2018

Konten Redaksi kumparan
Chevrolet Captiva
Chevrolet Captiva dibangun menggunakan platform yang sama dengan Wuling SUV (Foto: Autotimes.com)
Wuling SUV kabarnya akan resmi meluncur di Indonesia pada semester pertama tahun depan. Namun tidak hanya di Indonesia saja model tersebut dinantikan, nampaknya publik di Kolombia juga menantikannya.
ADVERTISEMENT
Alhasil Wuling SUV lebih dulu hadir di Kolombia dalam gelaran Salon Internacional del Automovil-Bogota yang berlangsung pada 7 sampai 18 November 2018, namun tidak menggunakan logo Wuling, melainkan beremblem Chevrolet dan menjadi generasi terbaru SUV Captiva.
Bisa dibilang Chevrolet Captiva model year 2019 merupakan versi rebadge dari Baojun 530. Melihatnya dari depan, fascia-nya begitu mirip dengan model lampu yang bertingkat dan grille-nya yang dibingkai dengan krom silver.
Wuling SUV
Wuling SUV di GIIAS BSD, Kamis (2/8). (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Bentuk siluetnya dari samping pun juga sama, apalagi sama-sama mengusung floating roof dari pilar C-nya yang diwarna-hitamkan alias black out pilar. Hanya saja model velg yang disematkan pada Captiva ini tidak terlalu menggugah untuk sebuah mobil keluaran terbaru, masih berwarna silver biasa.
SUV Wuling
SUV Wuling yang dipamerkan di GIIAS 2018 berbasis Baojun 503. (Foto: Alfons Hartanto/kumparanOTO)
Kemudian lanjut di sisi belakang, tidak ada yang berbeda, desain lampu masih sama dan tersambung dengan bilah krom yang horizontal. Selebihnya di bawahnya model bumper juga begitu mirip.
ADVERTISEMENT
Autotimesnews melansir kalau Chevrolet Captiva model yer 2019 ini tersedia dalam dua jenis: konfigurasi 5 penumpang atau 7 penumpang.
Wuling SUV
Wuling SUV di GIIAS BSD, Kamis (2/8). (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Sementara menyoal jantung mekanisnya, di bawah kap mesinnya tersematkan mesin bensin 1.500 cc dengan turbo yang menjanjikan tenaga 147 dk dan torsi 230 Nm yang dikawinkan pada transmisi manual 6 percepatan atau otomatis CVT melalui penggerak depan.
Sayangnya tidak ada informasi lebih lanjut mengenai harga dan detail spesifikasi lainnya.
Usut punya usut, SUV ini merupakan Captiva pertama yang mengaspal di Kolombia. Namun sebelumnya sudah ada model SUV lain yang sudah diniagakan meliputi Chevrolet Equinox, Traverse, Tahoe, Trailblazer serta model SUV crossover Chevrolet Trax dengan nama Tracker.
ADVERTISEMENT
Rebadge mobil dari satu pabrikan ke pabrikan lain memang sering dilakukan, terlebih untuk menekan biaya riset dan pengembangan. Karena Chevrolet berada di bawah naungan GM (General Motors) yang juga membentuk kongsi dagang bernama SGMW, singkatan dari SAIC-GM-Wuling, berbagi platform pun menjadi hal yang biasa.
Sebelumnya Chevrolet juga pernah me-rebadge Wuling Hongguang CN 100 menjadi Chevrolet Enjoy yang dipasarkan di India. Tapi sejak tahun lalu produksi di negeri Bollywood itu dihentikan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white