OTOHITZ Aftermarket

Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia

6 Agustus 2021 6:42
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Industri modifikasi mobil dan aftermarket di Indonesia sudah berkembang pesat. Ada banyak bisnis modifikasi dan aftermarket karya modifikator lokal yang kini sudah mulai menyasar pasar ekspor, salah satunya Karma Body Kit.
ADVERTISEMENT
Bisnis modifikasi dan aftermarket yang digawangi oleh modifikator Kiki Anugraha ini berfokus pada body kit kendaraan roda empat. Hingga saat ini sudah ada 3 body kit yang dihasilkan oleh Karma sejak pertama kali hadir pada 2017.
Penasaran dan ingin tahu apa saja body kit yang sudah dihasilkan oleh Karma? Berikut ulasan singkatnya.

Toyota FT86 dan Subaru BRZ

Body kit pertama yang dihasilkan Karma lahir pada 2017. Body kit ini diperuntukkan UNTUK Toyota FT86 dan Subaru BRZ. Berdasarkan penuturan Kiki kepada kumparan beberapa waktu lalu, dalam pengembangan desain Karma edisi pertama ini, dirinya bekerja sama dengan Monaco AutoDesign.
“Jadi, awalnya itu gue mengajukan tawaran ke mereka melalui DM (Direct Message) Instagram. Mungkin mereka lihat profil gue cocok dan ada chemistry. Akhirnya dari situ ya sudah kita selalu tek-tokan via email,” terang Kiki ketika dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228898)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit pada Toyota FT86 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Setelah melalui proses perancangan desain yang cukup panjang, body kit pertama dari Karma ini akhirnya resmi diperkenalkan ke publik pada ajang Indonesian Modification Expo (IMX) 2018.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, berbagai orderan pemesanan Karma Body Kit untuk Toyota FT86 dan Subaru BRZ ini pun terus mengalir. Tidak hanya untuk pasar domestik, tapi juga mancanegara.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228899)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit pada Toyota FT86 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Untuk Karma Body Kit Toyota FT86 dan Subaru BRZ ini dibanderol harga oleh Kiki seharga 3.000 dolar Amerika atau setara Rp 42 jutaan. Dengan harga tersebut, konsumen akan mendapatkan 1 set body kit meliputi bumper depan, splitter, 4 over fender, side skirt, bibir side skirt, diffuser, bumper belakang, dan ducktail.

Lamborghini Aventador

Setelah sukses dengan peluncuran Karma Body Kit untuk Toyota FT86 dan Subaru BRZ, Kiki kembali melanjutkan kreasinya dengan meluncurkan Karma Body Kit edisi kedua, yang kali diperuntukkan untuk supercar Lamborghini Aventador.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228900)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit Pada Lamborghini Aventador Foto: Muhammad Ikbal//kumparan
Sama seperti sebelumnya, Karma Body Kit untuk Aventador ini diperkenalkan pertama kalinya pada ajang IMX 2019. Hadirnya edisi kedua ini, dikatakan Kiki sebagai upaya dirinya untuk melebarkan pangsa pasar dan segmen kendaraan dari Karma Body Kit.
ADVERTISEMENT
“Karena yang sebelumnya sukses diterima di mancanegara, khususnya di Amerika Serikat. Dari situ saya berpikir, kenapa kami tidak bikin baru di mobil lain dengan segmen yang berbeda. Jadi kalau dulu Toyota 86 itu sports car, maka sekarang saya memilih supercar,” ucap Kiki kala itu.
Pada edisi keduanya ini, bahasa desain yang dihadirkan Karma Body Kit masih tidak berubah, yakni dengan gaya yang sporty dan menampilkan bodi atau over fender yang lebar. Ini tentunya untuk mengakomodir penggunaan velg lebar.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228901)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit Pada Lamborghini Aventador Foto: Muhammad Ikbal//kumparan
Dibanderol dengan harga 25 ribu dolar Amerika atau setara Rp 380 juta, paket yang bisa didapatkan dari Karma Body Kit Lamborghini Aventador ini meliputi bumper depan, splitter depan, 4 fender, over fender pada sisi depan, side skirt, bibir side skirt berbahan karbon, bumper belakang, serta diffuser.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan Karma Body Kit Toyota FT86 yang laris manis di pasar Amerika serikat, pada body kit Lamborghini Aventador ini rupanya banyak diminati di pasar Timur Tengah, khususnya Dubai Uni Emirat Arab.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228902)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit Pada Lamborghini Aventador Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Porsche Cayman

Seolah belum puas hanya melahirkan 2 body kit, Karma kembali menunjukkan eksistensinya dengan memperkenalkan body kit ketiganya pada IMX 2020. Kali ini, body kit tersebut diperuntukkan untuk Porsche Cayman 987.2.
Dipilihnya Porsche Cayman sebagai basis body kit ketiga, dikarenakan saat situ sedang popular modifikasi body kit lebar pada mobil-mobil Porsche di pasar Eropa.
“Jadi kalau kita lihat di luar negeri, orang itu lagi banyak beli Porsche Cayman buat dimodifikasi atau di wide body. Beda halnya dengan Porsche 911, orang biasanya beli tapi jarang untuk dimodifikasi, karena bahannya saja sudah mahal,” jelas Kiki.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228903)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit untuk Porsche 987.2. Foto: dok. Karma Body Kit
Serupa seperti 2 body kit sebelumnya, pada pengembangan dan perancangan desain Karma Body Kit Porsche Cayman ini, Kiki juga turut dibantu oleh modifikator asal Amerika Serikat, Monaco AutoDesign.
ADVERTISEMENT
Hadir dengan mengusung gaya racing look, body kit ini terlihat tampil sangar dengan wide body serta spoiler besar pada bagian belakangnya.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228904)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit untuk Porsche 987.2. Foto: dok. Karma Body Kit
Kendati memiliki ground clearance yang rendah dengan bodi yang diperlebar, Kiki menjamin penggunaan body kit ini tidak akan mengurangi unsur kenyamanan untuk penggunaan harian.
Adapun, paket body kit yang diberikan until Porsche Cayman ini, terdiri dari bumper depan, splitter depan, 4 over fender, side skirt, bumper belakang, diffuser belakang, dan wing spoiler.
“Nah yang kali ini agak berbeda nih, karena kami berikannya wing spoiler. Kalau sebelumnya di Karma Toyota 86 dan Lamborghini Aventador itu kan hanya ducktail, kali ini kami kasih wing spoiler," beber Kiki.
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228905)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit untuk Porsche 987.2. Foto: dok. Karma Body Kit
Menyoal harganya, paket body kit untuk Porsche Cayman ini ditawarkan dengan harga sebesar 4 ribu dolar Amerika atau setara Rp 60 jutaan.
ADVERTISEMENT
“Jadi buat yang berminat, silahkan langsung menghubungi akun Instagram Karma Body Kit, nanti kami proses pemesanannya sampai jadi itu memakan waktu sekitar 2 mingguan,” tutup Kiki.
***
Deretan Karya Karma Body Kit, Produk dari Modifikator Indonesia yang Mendunia (228906)
zoom-in-whitePerbesar
Karma Body Kit pada Toyota FT86 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Bangsa berdaulat pasti punya sesuatu yang membuat mereka bangga. Inilah kisah putra-putri Indonesia, brand dan produk berkualitas, atau yang menjadi kebanggaan bersama bangsa Indonesia.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten