kumparan
search-gray
Otomotif24 Juni 2020 13:23

Fungsi Spion Motor yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Konten Redaksi kumparan
Motor Kymco Like 150i
Spion Motor Kymco Like 150i. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Spion merupakan salah satu komponen pelengkap sepeda motor. Perannya sebagai alat bantu memantau kondisi dan situasi bidang pandang yang tidak terlihat pengendara.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu pemasangan spion tak boleh asal. Posisinya sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan menyesuaikan jenis motor. Rata-rata memiliki ukuran tingginya 75 sampai 80 mm dan lebar 130 hingga 140 mm.
Honda CT125
Desain kokpit dan spion Honda CT125 Foto: Ghulam M Nayazri/kumparan
Sementara tangkai spion memiliki panjang keseluruhan 100 sampai 130 mm, yang dihitung dari ujung drat pada setang motor.
Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengingatkan pentingnya memasang dua spion di lokasi yang telah disediakan.
"Kondisi yang baik itu pada saat kaca spion berada di dua sisi. Dengan melihat spion sebelum berpindah jalur, dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan," jelasnya dalam pernyataan resmi yang diterima kumparan, Selasa (23/6).
Safety Riding Wahana
Peserta dan instruktur bersiap melakukan pelatihan Safety Riding Foto: dok. Istimewa
Dengan adanya peranti berupa cermin ini pengendara juga jadi lebih awas dengan lingkungan sekitar. Misalnya ketika mundur keluar area parkir, hendak berbelok, atau baru masuk jalur --meskipun harus dikonfirmasi lagi dengan menoleh ke belakang.
ADVERTISEMENT
Posisi spion yang benar ujar Ludhy minimal bisa memantulkan visibilitas belakang dan sedikit membuka keluar sehingga jangkauan pengelihatan makin luas.
Sepeda Motor Lengkap dengan Spion
Sepeda Motor lengkap dengan spion Foto: christels/Pixabay
Lewat posisi itu, fungsi spion bertambah. Komponen ini menjadi alat bantu untuk memantau gerak-gerik mencurigakan sebagai pencegahan tindak kriminalitas. Khususnya situasi rawan seperti malam hari, sehingga pengendara bisa lebih menyikapi dan mengambil keputusan menjaga diri.
"Penyesuaian spion harus dilakukan setelah pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang paling tepat dan baik untuk mengemudi," tambah Ludhy.
Motor Kymco Like 150i
Spion Motor Kymco Like 150i. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Selebihnya Ludhy melengkapi, fungsi spion tanpa disadari juga bisa menjadi pedoman posisi, atau alat bantu mengukur jarak kendaraan di samping.
Apabila terlalu dekat dan spion hampir menyentuh kendaraan di samping, artinya pengendara wajib mengoreksi posisinya untuk menjaga jarak aman.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white