kumparan
search-gray
Otomotif16 Mei 2020 8:36

Gahar, Seperti Ini Suara Mesin Kawasaki Ninja 250 4-Silinder

Konten Redaksi kumparan
Knalpot Aftermarket Ninja 250 4-Silinder
Ninja 250 4-Silinder menggunakan knalpot aftermarket. Foto: dok. Kawasaki Motor Indonesia
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya pamer suara Ninja 250 4-Silinder atau ZX-25R yang telah menggunakan knalpot racing besutan Yoshimura di kanal resmi Youtube.
ADVERTISEMENT
Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik tersebut, menunjukkan visual Ninja ZX-25R yang sedang digeber halus. Terdengar jelas lengkingan suara khas motor bermesin 4-silinder dengan sedikit letupan api dari lubang knalpot.
Video
Dari suara knalpot yang dihasilkan, boleh dibilang punya karakter yang bulat namun punya perbedaan sedikit dengan suara mesin 4-silinder berkubikasi 1000 cc. Maklum kubikasi dan kerapatan pasti berbeda dengan motor 1.000 cc.
Teknisi juga coba memutar tuas gas pada putaran mesin bawah, menengah, hingga atas. Di posisi putaran mesin atas dan ketika tuas gas ditutup mendadak keluar semacam letupan api. Ini disebut sebagai backfire yang umumnya terjadi pada motor balap profesional.
"Betul itu backfire, itu sama sekali tidak merusak komponen atau ada yang bermasalah. Dari warna letupannya biru, artinya pembakaran sempurna," kata Head Sales and Promotion PT KMI, Michael C. Tanadhi saat dihubungi kumparan, Jumat (15/5).
Kawasaki Ninja 250 4-Silinder
Knalpot aftermarket Kawasaki Ninja 250 4-Silinder. Foto: dok. Kawasaki Motor Indonesia
Munculnya letupan api pada knalpot Ninja 250 4-Silinder, lanjut Michael karena menggunakan ECU hasil kiriman dari Kawasaki Jepang. Meski punya fisik ECU yang sama dengan yang standar, Michael mengatakan sepertinya sudah dilakukan re-mapping.
ADVERTISEMENT
"Kita kebetulan ECU dapat dari Kawasaki Jepang (saat pengiriman komponen modifikasi). Sepertinya mungkin sudah di-setting di sana, intinya kita dapat ECU pengganti tapi dilihat secara visual itu sama persis dengan yang standar," paparnya.
ZX-25R
Tampilan depan Ninja 250 4-Silinder (ZX-25R). Foto: Ghulam Muhammad Nayazri/kumparan
Meski begitu, Michael mengatakan, backfire yang terjadi pada contoh motor modifikasi ZX-25R belum tentu bisa terjadi pada Ninja 250 4-Silinder standar.
"Saya kurang tahu ya, kita belum coba. Waktu itu karena kita ngejar deadline dan ikuti instruksi dari Kawasaki Jepang untuk menggunakan ECU kiriman dari sana," jelasnya.
Modifikasi Ninja 250 4-Silinder Carbon Fiber
Modifikasi Kawasaki Ninja 250 4-Silinder. Foto: dok. Kawasaki Motor Indonesia
Sebelumnya KMI juga sudah membocorkan model Ninja ZX-25R yang sudah menggunakan body modifikasi dari serat karbon, dan penggunaan footstep. Rencananya komponen modifikasi itu juga bakal diniagakan di Indonesia.
"Ini sebenarnya belum kita putuskan, rencana sih akan dijual. Kita mesti negosiasi dengan pihak vendor. Belum ada keputusan resmi antara manajemen KMI dengan vendor-vendor tersebut," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Sampai sekarang belum diketahui kapan KMI bakal meluncurkan dan menjual Ninja 250 4-Silinder. Kita tunggu saja.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.