Otomotif
·
24 Oktober 2019 8:11

Ganasnya Sirkuit Nurburgring 'Memakan' Korban 2 Mobil Prototipe

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ganasnya Sirkuit Nurburgring 'Memakan' Korban 2 Mobil Prototipe (300194)
Peserta sedang mencoba handling di tikungan Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sirkuit Nurbugring, selama ini memang menjadi arena favorit bagi para jenama asal Jerman untuk melakukan pengujian mobil baru. Di sirkuit inilah, biasanya mobil-mobil prototipe yang akan diluncurkan diuji terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Jika biasanya sirkuit ini sangat ‘ramah’ bagi para mobil-mobil baru, nampaknya khusus pada Selasa (22/10) siang lalu, sirkuit ini mendadak menjadi tidak bersahabat. Ya, dua mobil merek Jerman, yaitu BMW dan Porsche, yang kala itu sedang melakukan pengujian, harus merasakan 'ganasnya' Sirkuit Nurbugring.
Keduanya, sama-sama mengalami kecelakaan hebat di lokasi yang sama tikungan Hatzenbach dari sisi Nordschleife. Seperti yang dilansir oleh Carscoops, kejadian pertama rupanya diawali oleh BMW yang kala itu sedang menguji prototipe dari M3. Mobil yang tentunya dibungkus sticker kamuflase tersebut menghantam tembok sirkuit setelah sempat hilang kendali.
Diduga BMW M3 itu tidak sengaja keluar lintasan dan menginjak bagian rumput yang basah. Basahnya rumput tersebut, membuat ban menjadi tidak bisa mendapatkan grip yang sempurna.
Ganasnya Sirkuit Nurburgring 'Memakan' Korban 2 Mobil Prototipe (300195)
Mobil prototipe BMW M3 alami kecelakaan di Sirkuit Nurbugring Foto: dok. Carscoops
Pasca kejadian berlangsung, BMW M3 tersebut pun langsung ditutupi dan ditarik ke pusat teknis BMW. Sayangnya, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak BMW terkait kejadian itu.
ADVERTISEMENT
Selang beberapa jam setelah kecelakaan BMW M3, giliran prototipe Porsche 911 GT3 yang harus mengalami musibah serupa. Sama seperti BMW M3 sebelumnya, Porsche 911 GT3 tersebut pun harus menghantam tembok di tikungan Hatzenbach dari sisi Nordschleife.
Ganasnya Sirkuit Nurburgring 'Memakan' Korban 2 Mobil Prototipe (300196)
Mobil Porsche 911 GT3 Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann
Lagi-lagi, rumput yang basah pun diduga menjadi penyebab mobil tidak bisa mendapatkan grip ban yang sempurna, sehingga menjadi hilang kendali. Meskipun kedua mobil tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah pada bagian depan, beruntungnya sistem keselamatan Airbag dari keduanya bekerja dengan sangat baik.
Ganasnya Sirkuit Nurburgring 'Memakan' Korban 2 Mobil Prototipe (300197)
Mobil prototipe Porsche 911 GT3 alami kecelakaan di Sirkuit Nurbugring Foto: dok. Carscoops
Kedua pengemudi penguji mobil tersebut pun dinyatakan tidak mengalami luka serius. Walau tidak mengalami luka serius, keduanya tetap dilarikan ke rumah sakit terdekat, guna pemeriksaan lebih lanjut.
Kedua mobil itu sendiri, sama-sama dibekali dengan mesin yang cukup ganas. Untuk BMW M3, dibekali dengan mesin bensin 6 silinder berkapasitas 3.0 liter MtwinPower Turbo. Mesin tersebut menjanjikan tenaga 473 dk dan torsi 503 Nm, dengan sistem penggerak all wheel drive.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk Porsche 911 GT3, dibekali dengan mesin flat enam silinder berkapasitas 4.0 liter. Mesin ini menjanjikan tenaga 542 dk.