Otomotif
·
31 Desember 2019 14:30

Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86016)
Perawatan helm motor Foto: dok. Revzilla
Helm yang basah akibat hujan atau terkena keringat kepala terus-menerus sebaiknya mendapatkan perawatan khusus. Bukan tidak mungkin nantinya busa helm jadi tempat bersarangnya jamur.
ADVERTISEMENT
Dikatakan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Dikky Prawiratama, jamur tersebut bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala dan batang rambut.
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86017)
Interior helm Arai Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
"Kemungkinan penyakitnya adalah jamur kulit kepala atau tinea capitis," ujarnya saat dihubungi kumparan, Selasa (31/12).
"Penyakit ini bisa muncul karena penggunaan helm yang lembab, sehingga jamur bisa tumbuh di bagian dalam helm," lanjutnya.
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86018)
Kondisi helm setelah dicuci Foto: dok. Muhammad Irfan Lubis
Gejala yang dirasakan apabila dibiarkan adalah kulit kepala menjadi bersisik, rambut rontok, kemudian pitak semakin melebar yang dampaknya bisa semakin luas pada kebotakan.
Pada kasus yang lebih parah, daerah yang bersisik tadi juga dapat menyebabkan kerion atau koreng, sehingga apabila dibiarkan terus menerus bisa merusak jaringan kulit kepala.
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86019)
Ilustrasi rambut beruban Foto: shutter stock
Tambahnya lagi, penyakit yang satu ini termasuk mudah ditularkan, apalagi bila jamur sudah mendekam lama di busa helm. Apabila sudah merasakan gejala ringan yang dijelaskan di awal, kata dokter Dikky, segera konsultasikan ke ahlinya.
ADVERTISEMENT
"Harus segera ke dokter spesialis kulit, jangan asal beli obat dari apotek, salah-salah penanganannya malah bisa lebih parah," sambungnya.
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86020)
Ilustrasi Rambut Ketombe Foto: Shutterstock
Adapun sebagai tindak pencegahan, dokter Dikky selalu mengingatkan untuk menjaga kebersihan bagian dalam helm. Paling mudah adalah jangan biarkan interior helm dalam keadaan lembab.
Helm Kotor dan Lembab Jadi Penyebab Penyakit Jamur Kepala (86021)
Ilustrasi helm di motor Foto: Deanda Dewindaru/kumparan
Tak lupa, jaga kesehatan rambut menggunakan sampo yang cocok dengan kulit kepala.
Terakhir apabila berpergian, usahakan gunakan helm sendiri atau pakai lapisan plastik supaya rambut tidak terkena langsung dengan inner padding helm.