kumparan
20 Januari 2020 11:25

Helm Motor Pintar dari China: Berteknologi GPS hingga Kamera 4K

Otomotif, helm, helm pintar, Livall, CES
Helm pintar besutan pabrikan China. Foto: rideapart.com
Livall, produsen helm sepeda dan ski asal China, menciptakan helm pintar buat sepeda motor, berteknologi Bluetooth, GPS, hingga dilengkapi lampu depan dan belakang, demikian dikutip dari RideApart.
ADVERTISEMENT
Produk tersebut dipamerkan di ajang Consumer Electronic Show 2020 di Las Vegas. Namun memang, helm ini masih dalam bentuk konsep, dan belum dipasarkan.
Secara umum, helm dengan karakter berkendara touring --tampak dari desain full face yang aerodinamis dan visor yang lebar, mengusung warna doff hitam. Ada juga pilihan perpaduan warna lain, seperti hitam-putih dan putih-abu-abu.
Otomotif, helm, helm pintar, Livall, CES
Helm pintar besutan pabrikan China. Foto: rideapart.com
Pada sisi muka, terdapat lampu putih di atas visor, sedangkan di bagian tengahnya ada kamera 4K, yang bisa digunakan untuk vlogging.
Sementara di bagian buritan ada lampu belakang bentuk 'U' memanjang dengan logo Livall di tengahnya. Pada pengunci visor kiri, terdapat Side Notification Display yang memuat informasi Wifi 5 G, Bluetooth, Battery Level, dan On-off button.
ADVERTISEMENT
Beralih ke pengunci visor kanan, bisa difungsikan untuk menjawab telepon, sehingga sudah mengakomodasi sistem microphone dan speaker. Di dalam rangka helm motor ini juga disematkan sistem GPS.
Menariknya lagi, di bagian belakang terdapat Blind Angle Sensors, untuk mendeteksi titik yang tak terjangkau mata atau spion --blindspot. Posisi ventilasi sendiri ada di atas visor dan belakang.
Video
Keunggulan lainnya yaitu, helm bisa menjadi model half face dengan mencopot bagian dagu. Soal sistem keamanan, kerangka helm berlapis 4, yaitu Hard Outer Shell, Resistant Middle Shell, Absorbing Inner Shell, dan Comfort Padded Liner.
Belum lagi, ada fitur emergency mode seperti lampu hazard pada mobil, di mana lampu depan dan belakang akan menyala bersama. Terakhir, kaca visor berteknologi Smart Visor Display yang bisa menampilkan informasi kecepatan, GPS, indikator battery, dan detak jantung pengendara.
ADVERTISEMENT
Belum ada informasi resmi mengenai banderolnya. Namun kemungkinan helm ini akan dipasarkan secara online, melalui kanal jual beli Amazon.
Fitur-fitur Livall-Smart Motorcycle Helmet: - Wifi/5G - Bluetooth - Livall Connected Community with application - SOS Geolocation - Record Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan