kumparan
6 Mei 2019 16:01

Ingat, Coating Tidak Menjamin Bodi Mobil Selalu Kinclong

Mercedes Benz  E 300 AMG Line, GIIAS, ICE BSD
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Coating bodi kendaraan seakan sudah menjadi kebutuhan. Khususnya, bagi mereka yang ingin mobil atau motornya selalu tampil kinclong.
ADVERTISEMENT

Tapi jangan salah, coating bodi mobil atau motor tak menjamin bahwa kendaraan akan tampil kinclong selalu alias anti kusam.
"Coating tanpa perawatan, setelah tiga bulan pasti jelek. Paradigma ini yang perlu diketahui konsumen. Banyak konsumen cuma pakai coating dan selesai (anggap tak perlu perawatan)," kata CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian beberapa waktu lalu.
Dia menjelaskan, bahwa coating yang ada saat ini merupakan perkembangan dari teknologi poles bodi kendaraan. Dulu, poles bodi itu berawal dari waxing, sealant, dan kini coating.
"Nah, untuk coating sendiri ada dua jenis, yang berbasis keramik atau safir," katanya.
Sama seperti waxing yang perlu dilakukan secara rutin agar tampilan kendaraan tetap kinclong, coating pun demikian. "Apalagi adanya air hujan dan cuaca membuat lapisan coating itu bisa memudar," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Idealnya, perawatan coating bodi mobil dilakukan tiap 6 bulan sekali. Di sini, bodi mobil kembali dilapis dengan cairan khusus. "Estimasi harga perawatannya itu Rp 400 ribu," katanya.
otomotif, Mercedes-Benz, mobil, roda empat
Mercedes-Benz GLA 200 Urban Line. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri / kumparanOTO
Soal pengaplikasian coating untuk pertama kali, Christopher pun menyarankan untuk menyerahkannya ke ahli coating. Saat proses coating, pastikan pula dilakukan di tempat tertutup untuk terhindar dari partikel debu yang berpotensi menempel pada permukaan cat dan air.
"Proses pemasangan di mobil itu perlu proses pengerasan selama seminggu. Makanya sangat disarankan untuk tidak melakukan pencucian mobil setelah pengaplikasian pemasangan. Kalaupun harus dicuci, cukup pakai air saja jangan menggunakan sabun," jelasnya.
Soal ongkos coating, produk dari Topcoat yang berbasis serum safir misalnya, dibanderol mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 6 juta. Selain untuk mobil, coating juga bisa dilakukan ke sepeda motor dengan harga Rp 900 ribu hingga Rp 1,1 juta.
ADVERTISEMENT
"Karena dasarnya pengaplikasiannya itu bisa dilakukan ke semua benda yang berbasis cat. Untuk motor, tentu untuk motor besar dan kecil harganya berbeda," tuturnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan