Otomotif
·
16 Juni 2020 12:44

Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan (99672)
Visibilitas Wuling Almaz yang minim blindspot, mengemudi kendaraan di saat hujan Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Gaya mengemudi dan menggenggam setir mobil banyak macamnya. Salah satu yang sering dilakukan adalah mengendalikan lingkar kemudi dengan satu tangan.
ADVERTISEMENT
Cara ini dilakukan karena lebih mudah dan tidak melelahkan. Bahkan untuk membantu memutar setir, ada aksesori tambahan yang disebut power knob. Tinggal memegang benda tersebut, setir jadi lebih mudah diputar.
Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan (99673)
Aksesoris Knob Setir Foto: dok. Braunability.eu
Hanya saja teknik ini tidak dianjurkan oleh instruktur sekaligus pendiri Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Jusri Pulubuhu. Dirinya menilai, aktivitas mengemudi yang dibenarkan tetap pakai dua tangan.
"Memangnya menyetir forklift, enggak ada nyetir pakai satu tangan. Pas salah ngehajar lubang, setir berputar cepat, bayangin saja tangan bisa patah," katanya saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.
Alasan Jusri menyamainya dengan forklift, karena secara bawaan setiap kendaraan pengangkut tersebut bagian lingkar kemudinya terdapat alat bantu pemutar setir. Bentuknya persis aksesori yang telah dijelaskan di awal.
Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan (99674)
Alat bantu pemutar setir pada forklift. Foto: dok. Liftow
Lembaga Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas (NHTSA) juga melarang pengemudi mengoperasikan kendaraan pakai satu tangan. Sebab keseimbangan, stabilitas terganggu, dan akan sulit membalikkan setir.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian menyetir pakai satu tangan sah-sah saja dilakukan. Tapi dalam satu kondisi, yakni ketika parkir mundur, demikian dalam keterangan NHTSA.
Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan (99675)
Ilustrasi Menyetir. Foto: Shutter Stock
Ini karena posisi duduk dalam situasi tersebut sedikit berbeda. Tangan pengemudi yang tidak memegang setir harus menjangkau bagian belakang kursi di sebelahnya, sehingga gerak bebas untuk menoleh ke belakang atau ke depan lebih leluasa.
Sementara posisikan tangan satunya menggenggam setir pada arah jarum jam 12. Itu berarti posisi atas tengah pada lingkar kemudi.
Ini Kondisi yang Diperbolehkan Mengemudi Mobil Pakai Satu Tangan (99676)
Latihan parkir mundur Foto: dok. driving-test
NHTSA juga menyatakan, posisi tersebut merupakan rekomendasi terbaik karena memudahkan pengemudi mengatur arah laju ke kanan atau kiri.
Selebihnya satu tangan pengemudi hanya diperbolehkan lepas dari genggaman setir mobil saat memegang tuas transmisi, mengganti saluran radio atau musik pada sistem audio, maupun pengaturan penyejuk kabin.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.