Otomotif
·
16 Februari 2020 10:02

Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21976)
Tampilan depan Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Suzuki XL7 akhirnya resmi menjalani debut globalnya di Indonesia, Sabtu (15/2). Dibangun di atas platform yang sama seperti Ertiga, yaitu Heartect, XL7 akan bertarung di arena low SUV.
ADVERTISEMENT
Berkonfigurasi 7-seater, jagoan baru Suzuki Indonesia ini punya 3 varian, yaitu Zeta, Beta, dan Alpha. Ketiganya tentu memiliki harga yang berbeda, berikut rinciannya.
- Suzuki XL7 Zeta MT - Rp 230 juta
- Suzuki XL7 Zeta AT - Rp 240, 5 juta
- Suzuki XL7 Beta MT - Rp 246, 5 juta
- Suzuki XL7 Beta AT - Rp 257 juta
- Suzuki XL7 Alpha MT - Rp 256,5 juta
- Suzuki XL7 Alpha AT - Rp 267 juta
Tak hanya itu, ada beberapa pembeda lagi yang bisa jadi pertimbangan ketika memutuskan untuk meminangnya. Berikut kumparan sajikan diferensiasi ketiga varian Suzuki XL7.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21977)
Eksterior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra

Pilihan warna

Perbedaan pertama dari ketiga varian Suzuki XL7 terletak pada pilihan warnanya. Khusus untuk varian Zeta dan Beta, ditawarkan dalam 4 pilihan warna, yaitu Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey. Sayangnya, dari keempat pilihan warna itu, tidak terdapat kombinasi warna 2 nada.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21978)
Suzuki XL7 Foto: M. Ikbal/kumparan
Serupa dengan Zeta dan Beta, untuk varian tertinggi Alpha, juga tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu Prime Cool Black, Prime Snow White, Brave Khaki dan Black, serta Rising Orange dan Black. Menariknya, untuk 2 pilihan warna terakhir, merupakan warna dengan kombinasi 2 nada.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21979)
Suzuki XL7 Foto: M. Ikbal/kumparan

Eksterior

Selain perbedaan pilihan warna, ketiga varian XL7 juga memiliki beberapa perbedaan di bagian eksterior. Khususnya perihal lampu dan aksesori.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21980)
Desain lampu utama Suzuki XL7 Foto: M. Ikbal/kumparan
Untuk lampu depan, ketiga variannya sebenarnya sama-sama hadir dengan lampu depan LED yang sudah dilengkapi dengan DRL. Sayangnya, untuk lampu belakang hanya varian Zeta saja yang belum dilengkapi dengan light guides.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21981)
Lampu belakang Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Lalu untuk aksesori, varian Alpha memiliki ragam aksesori atau komponen body kit yang lebih lengkap dibanding varian Zeta dan Beta. Seperti, adanya rear upper spoiler, aksen krom pada bagian plat nomor, talang air, dan emblem Alpha di bagian belakang.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21982)
Tampilan samping Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra

Interior

Tidak berbeda jauh dengan eksterior, di bagian interior Suzuki XL7 juga punya beberapa perbedaan. Pada bagian setir misalnya, untuk varian Beta dan Alpha sudah dilapisi kulit dan tersedia switch audio control.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21983)
Interior Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Begitupun dengan pengaturan AC-nya yang sudah digital dan auto climate dengan pemanas. Berbeda dari varian Zeta yang hanya digital saja.
ADVERTISEMENT
Lalu, untuk urusan arm rest, pada dua varian teratas yaitu Beta dan Alpha, sudah tersedia di baris pertama dan kedua, sedangkan varian Zeta, hanya terdapat di baris kedua saja.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21984)
Jok baris kedua dengan arm rest di Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Perbedaan selanjutnya ada pada power outlet, yang tersedia di 3 baris untuk varian Beta dan Alpha, sementara varian Zeta hanya di baris pertama dan kedua saja.

Fitur - fitur

Menyoal urusan fitur, varian Alpha tentu saja jadi yang terlengkap, baik itu fitur pemanja atau fitur keselamatan. Untuk fitur pemanja, XL7 varian Alpha sudah dilengkapi dengan keyless dan engine start stop button, cup holder dengan ventilasi udara, 2 buah tweeter, smart e-mirror, dan door sill guard.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21985)
Smart E-Mirror Suzuki XL7 Foto: M. Ikbal/kumparan
Sementara pada varian Beta, belum dilengkapi dengan smart e-mirror dan door sill guard. Bahkan untuk varian Zeta, juga tidak terdapat keyless dengan engine start stop button, cup holder dengan ventilasi udara, dan 2 buah tweeter .
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21986)
Fitur Pemanja Suzuki XL7 Foto: dok. SIS
Untuk fitur keselamatan, varian Alpha dan Beta jadi yang terlengkap, karena sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, ABS & EBD, Rear Parking Sensor, Rear Camera, ISOFIX, Side Impact Beam, Childproof Door Lock, Immobilizer, Security Alarm, Electronic Stability Control, dan Hill Hold Control.
Ini Perbedaan Ketiga Varian Suzuki XL7, Pilih Mana? (21987)
Suzuki XL7 Foto: Bangkit Jaya Putra
Sedangkan untuk varian termurah Zeta, belum dilengkapi dengan Electronic Stability Program dan Hill Hold Control.
ADVERTISEMENT
Jadi, dari ketiga varian yang ditawarkan oleh Suzuki XL7, mana yang menarik buat Anda?