Otomotif
·
15 Juni 2020 17:32

Ini Posisi Mengemudi yang Bisa Bikin Gampang Lelah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Posisi Mengemudi yang Bisa Bikin Gampang Lelah (574813)
Posisi mengemudi Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra
Posisi pengemudi saat mengendarai mobil, mempengaruhi kondisi tubuh. Bila tak tepat, maka membuat badan cepat kelelahan.
ADVERTISEMENT
Senior instructor sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan mudah lelahnya seorang pengemudi umumnya dikarenakan posisi duduknya yang terlalu tegak, dengan tangan dan kaki yang terlalu menekuk.
Karena dengan tangan dan kaki yang terlalu menekuk, akan menjadi tidak ergonomis, dan jika tidak ergonomis maka sirkulasi darah menjadi tidak lancar, akibatnya jadi cepat letih," jelas Jusri kepada kumparan Rabu (3/6).
Idealnya, kata Jusri, posisi pengemudi jangan sampai terlalu rebah, namun juga jangan sampai terlalu tegak. Aturlah posisi pengemudi agar bisa merasa nyaman dan ergonomis.
"Posisikan badan kita yang menempel pada sandaran kursi, bisa mencapai titik terjauh dari setir tanpa harus melepas punggung dari sandaran itu. Jika setir itu diibaratkan sebuah jam, maka cara ukurnya luruskan satu tangan kita pada posisi jam 12," beber Jusri.
Ini Posisi Mengemudi yang Bisa Bikin Gampang Lelah (574814)
Posisi mengemudi Nissan Terra Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Lanjut Jusri, jika dengan cara itu pengemudi bisa mencapai titik terjauh setir tanpa memajukan badan dan tangan tidak menekuk, maka itu sudah bisa dikategorikan posisi mengemudi ideal. Sementara untuk posisi ideal pada kaki, pengemudi bisa mengukurnya dengan jangkauan terjauh pada pedal-pedal.
ADVERTISEMENT
Apabila telapak kaki bisa menginjak seluruh pedal hingga dalam, tanpa perlu memerosotkan badan dari kursi dan posisi kaki tidak terlalu menekuk, maka itu sudah termasuk posisi mengemudi ideal.
Ini Posisi Mengemudi yang Bisa Bikin Gampang Lelah (574815)
Posisi duduk Nissan Serena C27 Foto: Muhammad Ikbal
Cara mengatur itu semua, pengemudi bisa memanfaatkan beberapa pengaturan pada kursi, seperti reclining, pengaturan maju mundur dan tinggi rendah, serta pengaturan setir seperti tilt dan teleskopik.
Jangan lupa juga, pastikan pengemudi bisa mendapatkan area pandang yang ideal untuk ke arah depan, samping kanan dan kiri, kaca spion, hingga belakang.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.