Otomotif
·
21 Mei 2020 15:27

Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308546)
Model rem tangan Toyota Kijang generasi keempat Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Rem parkir menjadi komponen vital di mobil. Fungsinya supaya menahan gerakan dan laju saat mobil diam, macet di tanjakan atau sedang diparkirkan.
ADVERTISEMENT
Mekanisme rem parkir umumnya dipasangkan pada roda belakang. Tugasnya mengunci roda biar tidak mudah bergerak pada kondisi yang telah disebutkan tadi.
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308547)
Ilustrasi rem parkir Foto: dok. Your Mechanic
Nah bicara rem parkir, rupanya ada ragam bentuknya. Jadi tidak melulu berupa tuas dongkrak, yang letaknya di konsol tengah antara jok pengemudi dan penumpang, serta lazim ditemukan pada kendaraan bermotor.
Melansir Yourmechanic, ada empat tipe rem parkir lagi yang mungkin belum kami ketahui. Berikut ini ulasannya.
Tipe Pedal
Untuk yang satu ini letaknya ada pada paling kiri dari semua posisi pedal yang ada di mobil. Posisinya juga biasanya ada di atas foot rest dan lebih kecil, sehingga pengemudi bisa mudah mengenalinya sebagai rem parkir ketimbang pedal kopling atau rem.
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308548)
Ilustrasi rem parkir model pedal. Foto: dok. Nissan
Cara mengoperasikannya mudah. Guna mengaktifkan rem parkir, cukup injak sampai dalam. Sebaliknya untuk merilis, injak lagi agak dalam lalu lepas, maka pedal terangkat yang menandakan tidak aktif.
ADVERTISEMENT
Umumnya tipe rem parkir ini tersedia pada mobil mewah besutan Toyota, Lexus, hingga Mercedes-Benz.
Tipe Tuas Geser
Kedua ada yang dinamakan tipe tuas geser. Bentuknya mirip tuas persneling dan letaknya di tengah seperti model tuas dongkrak. Namun yang satu ini sedikit lebih ke bawah.
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308549)
Layout dashboard New Daihatsu Sigra. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Cara operasionalnya serupa tuas dongkrak. Pencet tombol pakai jempol kiri lalu geser naik untuk mengunci rem dan ke bawah guna merilisnya.
Tipe rem parkir ini sengaja didesain supaya ruang kabin khusus baris depan bisa lega. Model ini bisa kamu temui di beberapa varian Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.
Tipe Tuas Batang
Selanjutnya ada tuas batang. Model ini jamak ditemukan pada mobil-mobil lama, kalau ingat salah satunya di Toyota Kijang lawas. Terbaru, ada pada model Datsun.
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308550)
Interior Datsun Go Foto: dok. Nissan-Datsun
Bentuknya berupa stik memanjang yang ujungnya dilapisi plastik berkontur genggaman tangan kiri.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakannya tinggal tarik guna mengaktifkan rem, atau putar ke kiri lalu dorong ke depan sambil memutarnya lagi ke arah berlawanan untuk merilis rem.
Tipe Tombol
Oke yang satu ini barangkali sudah tidak asing, karena sudah akrab ditemui di mobil-mobil terbaru. Bentuknya berupa tombol yang menghiasi konsol tengah yang diberikan tanda huruf P dengan lingkaran. Sering disebut sebagai Electric/Electronic Parking Brake (EPB) pada Wuling Almaz atau DFSK Glory series.
Jangan Kagok, Kenali 4 Jenis Rem Tangan Mobil  (308551)
Rem pakir elektrik atau disebut Electric Parking Brake, disebut juga sebagai Electronic Parking Brake (EPB). Foto: dok. Autocar
Model yang satu ini lebih memudahkan siapa pun pengemudinya, karena tinggal pencet dengan ujung jari untuk merilis rem, atau congkel ke atas dengan telunjuk untuk mengaktifkan rem.
Belum lagi rem parkir mobil jenis ini bisa dioperasikan secara otomatis. Jadi saat mobil hendak melaju atau posisi transmisi di D, rem akan rilis dengan sendirinya, sehingga saat berakselerasi tangan kiri pengemudi tak perlu pindah dari genggaman setir.
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
*****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.