Otomotif
·
27 Juni 2021 6:20
·
waktu baca 3 menit

Kapan Tarif Parkir Rp 60 Ribu per Jam Berlaku di Jakarta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kapan Tarif Parkir Rp 60 Ribu per Jam Berlaku di Jakarta? (169767)
searchPerbesar
Tarif parkir di Lapangan Parkir IRTI, Monas, Jakarta, Senin (17/10). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Perparkiran (UPP) Dinas Perhubungan direncanakan bakal menerapkan tarif parkir tertinggi hingga Rp 60 ribu per jam.
ADVERTISEMENT
Beredarnya rencana tersebut, berawal dari diskusi publik atau Forum Group Discussion (FGD) yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta pada 16 Juni 2021 lalu.
Pada diskusi yang bertajuk Regulasi Tarif Layanan Parkir dan Biaya Parkir tersebut, Kasubag Tata Usaha UP Perparkiran Dishub DKI Jakarta, Dhani Grahutama mengatakan, kenaikan tarif tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota melalui pembatasan mobil pribadi dan meningkatkan penggunaan transportasi umum.
“Dalam konteks penataan transportasi, tujuan kenaikan tarif parkir ini sebagai sarana pengendalian lalu lintas,” ucap Dhani kala itu.
Tentu saja, beredarnya informasi rencana kenaikan tarif parkir tersebut menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Apalagi, dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini dan perekonomian yang belum pulih, kenaikan tarif parkir hingga Rp 60 ribu per jam dinilai sangat memberatkan.
Kapan Tarif Parkir Rp 60 Ribu per Jam Berlaku di Jakarta? (169768)
searchPerbesar
Petugas mengarahkan kendaraan di tempat parkir Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Melihat respons yang terjadi di masyarakat tersebut, Kepala Unit Pengelola Perparkiran (UPP) Dishub DKI Jakarta, Adji Kusambarto, mengatakan bahwa rencana penerapan tarif parkir hingga Rp 60 ribu itu belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Seluruh rencana itu, saat ini masih sebatas usulan dan akan terus dibahas lebih lanjut.
ADVERTISEMENT
“Penyesuaian angka tarif tertentu yang beredar di masyarakat (maksimal Rp 60.000/jam) masih merupakan usulan batas atas untuk revisi Pergub 31/2017, khususnya tarif on street yang berada dalam radius koridor angkutan umum massal,” ucap Adji dalam keterangan resminya.
Lebih lanjut, kata Adji, saat ini pihaknya masih terus melakukan kajian dan diskusi dengan berbagai pihak. Dirinya pun membuka ruang bagi seluruh elemen masyarakat untuk memberikan masukannya.
“Masih terus uji publik, artinya yang kemarin kami bahas pada FGD itu merupakan hasil kajian kami. Jadi kami masih sangat menerima masukan dari masyarakat juga,” jelas Adji kepada kumparan beberapa waktu lalu.
Saat disinggung menyoal rencana kenaikan tarif parkir tersebut, Adji juga belum bisa memastikan.
“Saya enggak bicara tahun ini atau bukan, tapi itu masih jauh lah. Kami kan saat ini masih terus sosialisasi dulu sambil menunggu masukan dari masyarakat juga. Karena kami sangat butuh banyak masukan ya apalagi di situasi pandemi saat ini,” kata Adji.
Kapan Tarif Parkir Rp 60 Ribu per Jam Berlaku di Jakarta? (169769)
searchPerbesar
Tempat Parkir Mobil di Grand Indonesia. Foto: Selfy Momongan/kumparan
Karena itu, Adji memastikan apabila hingga saat ini batas maksimal tarif parkir yang berlaku masih mengacu Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2017, yakni dengan besaran tarif parkir maksimal untuk roda empat, yakni Rp 7.500 per jam.
ADVERTISEMENT
Penerapan tarif parkir tertinggi Rp 7.500 per jam itu hanya berlaku bagi mobil yang belum atau tidak lulus uji emisi dan parkir di 6 lokasi berikut ini:
1. IRTI Monas (Jakarta Pusat)
2. Kawasan Blok M (Jakarta Selatan)
3. Kantor Samsat Jakbar (Jakarta Barat)
4. Kawasan Pasar Mayestik (Jakarta Selatan)
5. Plaza Intercon (Jakarta Barat)
6. Park and Ride Kalideres (Jakarta Barat).
***
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020