Otomotif
·
18 Juni 2020 10:11

Mengapa Knalpot Sepeda Motor Identik di Sebelah Kanan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengapa Knalpot Sepeda Motor Identik di Sebelah Kanan? (97037)
Desain tampilan knalpot baru Kawasaki W175 TR Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Knalpot atau saluran gas buang pada sepeda motor motor umumnya berada di sebelah kanan. Meski memang, ada juga knalpot sepeda motor yang posisinya terletak di sebelah kiri maupun kombinasi keduanya, tapi jumlahnya tak banyak.
ADVERTISEMENT
Lalu, apakah ada alasan tersendiri mengapa posisinya rata-rata di sisi kanan, dan mengapa seperti itu?
Mengapa Knalpot Sepeda Motor Identik di Sebelah Kanan? (97038)
Honda CMX 500 Rebel Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan posisi knalpot di kanan karena disesuaikan dengan keamanan.
"Pengemudi dan penumpang naik turun motor dari sebelah kiri, sehingga sebelah kiri harus clear. Termasuk pengemudi saat berhenti di lampu merah atau di mana pun, yang turun harus kaki kiri, bukan kaki kanan," kata Sony saat dihubungi kumparan, Jumat (12/6).
Selain meminimalisir kaki kanan terpapar hawa panas, menurunkan kaki kiri ketika lampu merah agar si pengemudi tidak kagok dengan posisi knalpot yang ada di sebelah kanan.
Mengapa Knalpot Sepeda Motor Identik di Sebelah Kanan? (97039)
Handle rem aftermarket Yamaha 125Z. Foto: dok. Raihan
Kemudian bila mengutip dari Researchgate, Safety Engineering BOC India Ltd, Ramesh Kumar Wali mengatakan, posisi knalpot di sebelah kanan erat kaitannya dengan posisi handle rem.
ADVERTISEMENT
"Di roda dua, tuas rem berada di sebelah kanan, sehingga ketika menghentikan motor, kaki kiri Anda bebas untuk menyeimbangkan. Dengan begitu knalpot memang harus berada di kanan" jelasnya.
Mengapa Knalpot Sepeda Motor Identik di Sebelah Kanan? (97040)
Desain leher knalpot Ducati Scrambler 1100 Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Faktor lain menyoal teknis mesin dijelaskan oleh Nailini Singh dari North Carolina State University yang mengatakan, umumnya katup pembuangan berada di sisi kanan, oleh karena itu knalpot juga diletakkan di sisi yang sama.
Dari laporan Drivespark, alasan mengapa knalpot di sebelah kanan adalah sebagai bentuk "menghargai" kepada pejalan kaki di sebelah kiri. Dengan begitu, pejalan kaki tak langsung terpapar emisi atau bahkan tersenggol knalpot panas.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
ADVERTISEMENT
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.