kumparan
18 Januari 2020 14:31

MG Bakal Luncurkan SUV Berbasis Wuling Almaz di Indonesia?

Logo MG
Logo MG Foto: dok. AutocarIndia
Pabrikan otomotif Morris Garage (MG) terus menunjukkan keseriusannya untuk memulai bisnis di Tanah Air. Walaupun pergerakannya nyaris tak terdeteksi, rupanya MG telah mendaftarkan diri menjadi anggota Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).
ADVERTISEMENT
"MG lagi memproses pendaftarannya di Gaikindo, kami obrolan ketemunya dari Desember, tapi baru mulai proses di Januari ini," ungkap Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi kepada kumparan beberapa waktu lalu.
MG Hector
MG Hector Foto: dok. Carwale
"Seperti biasa, kami meminta mereka memenuhi persyaratannya salah satunya adalah surat izin dari Kementerian Perindustrian dan kemudian mereka mendaftar, ya silahkan," tambahnya.
MG, yang merupakan sister company dengan Wuling Motor, dan keduanya di bawah naungan SAIC Motor (Saic-GM-Wuling), akan memanfaatkan fasilitas produksi PT SGMW Motor Indonesia (Wuling) di Cikarang, Jawa Barat.
Bukannya tanpa sebab, mengingat pabrik Wuling ini cukup besar memiliki kapasitas produksi hingga 120 ribu unit per tahun. Namun utilisasi pabrik baru sekitar 20 ribu unit.
Peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi
Peresmian pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi Foto: Gesit Prayogi/kumparan
Soal produk, Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara dalam keterangannya menjelaskan MG akan menggunakan platform yang sama dengan Wuling. Namun dirinya enggan membeberkan lebih lanjut apakah kembaran Wuling Almaz, yakni MG Hector kah yang dimaksud.
ADVERTISEMENT
"MG masuk ke dalam anak perusahaan SAIC, nah salah satunya ada di sini dengan Wuling Motors. Salah satu produknya juga memakai basis dari Wuling," katanya.
MG Hector
MG Hector Foto: dok. Carwale
Lebih lanjut Kukuh menuturkan bahwa MG dalam waktu dekat akan memamerkan produknya. Bukannya tidak mungkin bila nantinya akan memanfaatkan pameran otomotif di Indonesia, persis seperti yang dilakukan Wuling.
"Kita lihat nanti, mungkin di pameran otomotif Gaikindo 2020 akan hadir," jelas Kukuh.
Sebelum Indonesia, MG juga telah mengukuhkan posisinya di India, Thailand, dan Vietnam dengan meniagakan model SUV dengan turunannya, city car, hingga pikap maupun pikap kabin ganda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan