kumparan
22 Agustus 2018 8:47

Mobil Monster Isuzu Unjuk Gigi

Isuzu Concept X
Isuzu Concept X (Foto: dok. Isuzu)
Isuzu menunjukkan keandalan mereka dalam membuat mobil off-road lewat dua mobil konsep tangguh yang dihadirkan di National 4x4 Outdoors Show di Melbourne, Australia.
ADVERTISEMENT
Dua mobil yang diperkenalkan sebagai Concept X ini punya dua wujud, satu dalam wujud pikap kabin ganda yang mengambil Isuzu D-MAX sebagai dasarnya dan yang lainnya, sport utility vehicle (SUV) Isuzu MU-X yang dirombak.
Menariknya dua mobil ini awalnya terinspirasi dari ban Toyo 38 inci yang akhirnya memang tersemat pada mobil ini.
"Kami melihat satu set ban sangat besar ini di stand Toyo Tires dan bos kami, Wayne (Boatwright), berkelakar untuk menggunakannya untuk mobil yang diproduksi perusahaannya," cerita Ketua Tim D-MAX Jack Monkhouse mengutip dari WhichCar.
Selain ban yang luar biasa besar itu, kedua mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi independen lift 7 inci di depan dan suspensi belakang multi link dengan 60mm remote reservoir shock absorbers pada keempat kakinya. Selain itu rem cakram 390 mm untuk ban depan serta 355 mm di bagian belakang juga melengkapi kaki-kakinya yang kokoh.
ADVERTISEMENT
Dengan kaki yang sangat tinggi tidak heran kalau dua mobil ini punya ground clearence 370 mm dengan departure angle 37,3 derajat untuk MU-X dan 38,5 derajat untuk D-MAX. Secara dimensi keduanya juga tidak berbeda jauh dengan lebar 2.150 mm, tinggi 2.000 mm, Isuzu MU-X punya panjang 5.000 mm sementara dengan tambahan gerobak di bagian belakangnya Isuzu D-Max memiliki panjang 5.500 mm.
bjqd6mao5sh2vw8thdddm7k1bamklkdvzxsgblk9new4ujk8nxn9sceyw0ofxkw2oxyjedip2bkxal7z
Soal dapur pacu, mesin 3.0 liter turbo Diesel 4-silinder sejajar dengan Diesel Particulate Diffuser (DPD) dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Di atas kertas tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini adalah 170 daya kuda (dk) dan torsi maksimalnya mencapai 430 Nm. Mesin ini sama dengan yang ada dengan Isuzu MU-X biasa yang menjadi pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajereo Sport di pasar Australia.
ADVERTISEMENT
Komponen-komponen yang ditambahkan pada mobil ini pun bukan hanya aksesori 'tempel', plug and play. Menurut penuturan Tim D-MAX semua komponen yang ditambahkan pada mobil ini adalah hasil kustomasi sendiri.
Adapun, bagian yang dibuat khusus untuk dua mobil Concept X ini adalah fender baja dan kap mesin, juga bagian bumper besi depan dan sports bar berbahan alloy serta winch depan dan belakang yang mampu menarik beban sekitar 4.500 kg.
Isuzu sendiri belum membicarakan tentang kemungkinan menghadirkan produk ini secara massal ataupun dalam sekala terbatas di masa depan. Namun yang pasti, lewat dua produk ini sendiri Isuzu menunjukkan diri, sebuas apa SUV yang bisa mereka buat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan