kumparan
19 November 2019 9:14

Modal Isuzu Traga untuk Lawan Kia Big-Up

Isuzu Traga
Isuzu Traga Foto: dok. Isuzu-Astra
Traga menjadi andalan Isuzu di kelas medium pick-up. Berdasarkan data PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), penjualan mobil yang diperkenalkan tahun 2018 itu mengalami peningkatan.
ADVERTISEMENT
"Per September 2019 naik 180,6 persen jadi 4.288 unit dari tahun sebelumnya sebanyak 1.528 unit periode yang sama," kata Direktur Marketing IAMI, Rahmat Samulo, di Acara Workshop Wartawan Otomotif dan Industri di Menara Astra, Senin (18/11).
Sebelumnya, Kia yang resmi berjualan lagi di Indonesia juga membawa kendaraan niaga medium, Kia Big-Up, ke Tanah Air. Dengan kelas mesin dengan dimensi yang hampir sama, Kia Big-Up diprediksi akan jadi pesaing Isuzu Traga di segmen medium pick up.
Menyoal hal ini, Puti Annisa Moeloek, Marketing Communications Manager IAMI, menanggapi dengan santai. "Kalo kami sama kompetitor masuk ya masuk, saingan ya saingan secara sehat aja, nanti bisa dilihat sendiri saja," kata Puti.
Isuzu Traga
Isuzu Traga Foto: dok. Isuzu
Menurut Puti, Traga memiliki keunggulan, terutama dari segi kapasitas angkut dan mesin. "Traga itu kapasitasnya lebih besar dan kalau di segmen pick-up, orang ngejar kapasitas. Satu lagi irit karena pakai mesin Panther, ya orang sudah tahu lah keunggulan kita. Bandel, irit, muat lebih banyak, kalo dihitung operasionalnya dalam setahun kita bisa menghemat lebih banyak," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Ia pun mengaku saat ini tidak ada strategi khusus untuk menghadapi Kia Big-Up dan lebih fokus bersaing dengan model lain dari Jepang.
Jika melihat data penjualan retail domestik Gaikindo selama Januari-September 2019, Traga memang masih berada di bawah Mitsubishi L300 sekitar 4.284 unit. Sementara medium pick up dari jenama tiga berlian memimpin cukup jauh dengan angka penjualan 19.958 unit pada periode yang sama.
Isuzu Traga memiliki dimensi panjang 4.520 mm, lebar 1.705 mm, dan tinggi 1.985 mm. Sedangnya profil bak angkutnya memiliki panjang 2.819 mm dan lebar 1.620 mm.
Kia Big-Up, Indomobil, Kia, Mobil
Kia Big-Up Foto: Bagas Putra Riyadhana
Mengintip jantung mekanis, mobil ini menggendong mesin diesel 4 silinder injeksi dengan turbocharger bertenaga 2.499 cc. Mesin tersebut menjanjikan tenaga 80 dk pada putaran 3.500 rpm dan torsi 191,2 Nm pada putaran 1.800 rpm.
ADVERTISEMENT
Sementara, transmisi mesin Traga yaitu model manual dengan 5-percepatan. Sementara kapasitas tangki bahan bakar 50 liter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan