Otomotif
·
16 Mei 2020 11:01

Permintaan Mobil Ambulans Tinggi, Toyota Tawarkan Innova Ambulans

Konten ini diproduksi oleh
Permintaan Mobil Ambulans Tinggi, Toyota Tawarkan Innova Ambulans (6011)
Toyota Innova Ambulans. Foto: dok. Toyota Astra Motor
PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak menampik adanya banyak permintaan unit Hiace berspesifikasi ambulans selama pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Direktur pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan permintaan unit Hiace ambulans itu umumnya dilakukan oleh para perusahaan atau instansi pemerintah untuk kebutuhan donasi atau penanggulangan COVID-19.
"Yang memesan secara resmi memang belum, tapi kalau yang menanyakan atau mengecek itu ada, jumlah kebutuhannya ratusan unit,"ujar Anton.
Permintaan Mobil Ambulans Tinggi, Toyota Tawarkan Innova Ambulans (6012)
Toyota Innova Ambulans. Foto: dok. Toyota Astra Motor
Akan tetapi, status Hiace yang merupakan impor CBU, membuat ketersediaan unitnya menjadi terbatas. Apalagi adanya kendala proses impor akibat pandemi COVID-19, dirasa Toyota akan sulit untuk memenuhi permintaan dalam jumlah besar.
Jadi sebenarnya berangkat dari keterbatasan impor, pasokan supply chain, dan kondisi lain-lain, kami menginformasikan dan menawarkan Innova ambulans kepada pemerintah, instansi rumah sakit, dan perusahaan-perusahaan," jelas Anton.
Lanjut Anton, status Innova sebagai mobil CKD, membuat pihaknya lebih mudah apabila ada permintaan dalam jumlah besar. Secara harga, Innova ambulans juga lebih murah dibandingkan dengan Hiace.
"Kemudian Hiace itu kan harganya juga Rp 500 jutaan ke atas belum termasuk biaya ubah menjadi ambulans. Kalau dibandingkan dengan Innova, untuk tipe G harga dasarnya cuma Rp 300 jutaan, tinggal tambah biaya perlengkapan dan ubah ambulans," tambah Anton.
Permintaan Mobil Ambulans Tinggi, Toyota Tawarkan Innova Ambulans (6013)
Bagian dalam Toyota Innova Ambulans. Foto: dok. Toyota Astra Motor
Menyoal spesifikasi Innova ambulans sendiri, dikatakan Anton, sama seperti yang disumbangkan oleh Toyota kepada Palang Merah Indonesia (PMI) beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.