Otomotif
·
24 Juni 2020 18:17

Sepele, Salah Posisi Tangan di Setir yang Ancam Nyawa Pengendara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sepele, Salah Posisi Tangan di Setir yang Ancam Nyawa Pengendara (21043)
Test Drive Wuling Almaz, posisi tangan yang benar saat menggenggam setir Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Posisi tangan pada setir menjadi salah satu faktor penting yang harus dipahami oleh setiap pengemudi saat sedang mengemudi. Idealnya, setiap pengemudi dianjurkan menempatkan telapak tangan kanannya pada arah jam 3 setir dan telapak tangan kirinya pada arah jam 9 setir.
ADVERTISEMENT
Anjuran posisi tangan pada setir tersebut, tentu bukan tanpa alasan. Duta keselamatan berkendara yang juga pereli nasional, Rifat Sungkar, mengatakan posisi tangan seperti itu selain akan mempermudah refleks pengemudi, juga merupakan posisi yang paling aman apabila terjadi benturan yang menimbulkan airbag pada setir menjadi keluar.
Kalau kita pegang setirnya di bawah, kita kaya ditabok nanti sama airbag-nya. Sementara kalau kita pegang setirnya di atas, tangan kita bisa patah ke atas," jelas Rifat dalam kumparan Virtual Talk Episode kelima yang tayang pada Minggu (21/6) kemarin.
Bahkan, kata Rifat, kecepatan meletusnya suatu airbag pada setir yang bisa mencapai 230 hingga 250 kilometer per jam, juga bisa mengakibatkan muka pengemudi hancur akibat hantaman tangan yang diletakkan di bagian atas setir.
"Misal satu tangan kita ditaruh di tengah ya, coba bayangin ini tangan dihantam airbag 250 km/jam, bakal ke mana mentalnya? pasti ke muka lah, tangannya patah, hidungnya patah, jidatnya bubar, mata bengkak," papar Rifat.
Sepele, Salah Posisi Tangan di Setir yang Ancam Nyawa Pengendara (21044)
Posisi tangan saat mengemudi Nissan Livina terbaru Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Karena itu, Rifat selalu mengingatkan agar para pengemudi memposisikan kedua tangannya pada arah jam 3 setir dan arah jam 9 setir. Selain berpengaruh pada refleks dan keselamatan saat airbag meletus, meletakkan tangan di kedua posisi itu juga bisa menjadi pegangan terkuat pengemudi apabila mendapatkan hantaman dari airbag.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan asal lagi ya dalam memposisikan kedua tangan pada setir mobil.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.