kumparan
search-gray
Otomotif26 Januari 2020 10:16

Sudah Awal Tahun, Kapan Toyota Prius PHV Meluncur di Indonesia?

Konten Redaksi kumparan
Sudah Awal Tahun, Kapan Toyota Prius PHV Meluncur di Indonesia? (171178)
Toyota Prius PHEV Foto: muhammad ikbal/kumparan
Toyota-Astra Motor (TAM) pada akhir 2019 menjanjikan akan meluncurkan Prius PHV (Plugin Hybrid Vehicle) awal 2020. Namun hingga mendekati akhir Januari, desas-desus mobil hybrid setrum itu seakan terlupakan.
ADVERTISEMENT
Padahal bila merujuk tahun-tahun sebelumnya, pabrikan terbilang getol meluncurkan mobil baru pada awal tahun. Sebut saja di 2018, TAM merilis harga all new Rush. Kemudian awal 2019, merek tiga oval ini merilis Camry terbaru.
Lalu kapan jadinya Toyota Prius PHV diluncurkan? Mengingat mobil ini sejatinya dihadirkan akhir tahun lalu.
Sudah Awal Tahun, Kapan Toyota Prius PHV Meluncur di Indonesia? (171179)
Toyota Prius PHV Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
"Target kuartal satu ini launch," demikian ungkap Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmy Suwandi saat dihubungi kumparan, Sabtu (25/1).
Tambah Anton, peluncuran yang tertunda ini karena proses registrasi maupun sertifikasi kendaraan bermotor. Namun dirinya memastikan proses tersebut telah rampung.
Toyota, katanya kini sedang mempersiapkan momentum peluncuran mobil hybrid setrum pertamanya itu. Sembari mengatur banderolnya agar tidak mencapai Rp 1 miliar.
Sudah Awal Tahun, Kapan Toyota Prius PHV Meluncur di Indonesia? (171180)
Toyota Prius Hybrid Foto: Bangkit Jaya Putera/kumparan
"Sekarang baru saja selesai (proses homologasi), jadi sekarang kami persiapkan untuk acara peeluncurannya," tutur Anton.
ADVERTISEMENT
Perihal detail waktu peluncurannya, Anton belum bersedia mengungkap. "Pokoknya Q1 ini ada," jawabnya singkat.
Toyota Prius PHV bakal meramaikan line-up kendaraan plug-in hybrid di Tanah Air. Sebelumnya, sudah ada Mitsubishi yang merilis Outlander PHEV, BMW dengan i8, dan Mercedes-Benz lewat E300e EQ Power.
Mobil memiliki sumber tenaga dari mesin bensin 2ZR-FXE 1.800 cc, bertenaga 95 dk dan torsi maksimum 142 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik yang punya output 71 dk.
Motor listriknya mendapat pasokan daya dari baterai berkapasitas 0,7 kWh. Catatan Toyota, kombinasi mesin dan motor listrik pada Prius PHV mampu menggelontorkan tenaga 121 dk dan torsi 162 Nm.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white