kumparan
Otomotif22 Januari 2020 14:24

Tren Ganti Setir Mobil, Bagaimana dengan Fungsi Airbag-nya?

Konten Redaksi kumparan
Daihatsu Grand New Xenia
Setir Daihatsu Grand New Xenia Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Tren mengganti setir mobil dewasa ini makin berkembang. Apalagi banyak penjaja setir original pabrikan sampai copotan mobil tertentu.
ADVERTISEMENT
Umumnya, penggantian berupa pemasangan setir berbeda merek hingga berbeda model yang lebih baru dan memiliki bentuk atau fitur modern. Sebut saja yang sudah tersematkan tombol pengaturan audio maupun cruise control.
Berbagai macam setir mobil
Berbagai macam setir mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Ini biasa dilakukan pada pemilik mobil yang mempunyai model varian standar atau tengah, sehingga untuk menikmati fitur seperti yang ada pada model termahal, penggantian setir harus dilakukan.
Hanya saja dengan penggantian setir ini, amankah kondisi airbag-nya? Mengingat kantung udara disematkan di dalam setir. Maka bila mengganti setir, tentunya juga akan menggunakan airbag yang baru.
otomotif, airbag, tips otomotif, info mobil
Ilustrasi airbag. Foto: WhichCar
Coba mencari jawabannya kepada Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, dirinya mengatakan hal tersebut boleh saja dilakukan. Asal pemasangannya tetap sesuai prosedur.
ADVERTISEMENT
"Saat pasang kabel spiral pada steering wheel, ada metode pemasangannya, kalau tidak diikuti maka bisa jadi malfungsi alias airbag tidak mengembang," katanya saat dihubungi kumparan, Selasa (21/1).
Ya kabel spiral memang jamak ditemukan pada mobil keluaran terbaru, apalagi pada model yang lengkap fitur audio maupun keselamatannya.
Setir Pajero Sport Dakar
Setir Pajero Sport Dakar Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kabel spiral memungkinkan seluruh switch termasuk klakson, audio, cruise control, dan airbag terus terkoneksi dengan baik, meskipun setir berotasi.
Maka dari itu tambah Bambang, agar pemasangannya tidak mengubah mekanisme piranti tersebut, perhatikan pemasangan kabel spiral yang ada. Utamanya pastikan mobil tidak teraliri arus listrik, sehingga saat pemasangan, airbag tidak akan mengembang yang justru melukai si mekanik.
Berbagai macam tombol audio setir mobil
Berbagai macam tombol audio setir mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Manakala ada malfungsi, jangan panik, karena umumnya indikator airbag akan menyala. "Kalau salah pasang kabel sprial, tidak akan meledak airbag-nya," pungkas Bambang.
ADVERTISEMENT
Namun perlu diingat, penggantian setir kata Bambang akan menggugurkan garansi. Sebab, meskipun terbilang ringan modifikasinya, penggantian part tetap saja membuat garansi hangus.
"Penggantian setir mobil akan menggugurkan garansi, seperti ketentuan biasa, berlaku untuk komponen lainnya," tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan