kumparan
24 Januari 2020 18:30

Wuling Almaz Berhasil Teror Honda CR-V

Test Drive Wuling Almaz di Jawa Barat
Test Drive Wuling Almaz di Jawa Barat Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Honda Indonesia tampaknya harus waspada akan gempuran pabrikan China. Wuling, yang awal 2019 mulai meniagakan Almaz, lambat laun sudah menunjukkan tajinya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Wuling Almaz bahkan sudah berhasil meneror Honda CR-V.
All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo
Tampilan depan All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo Foto: Muhammad Ikbal
Ya selama 2019 (Februari hingga Desember), Wuling mencatatkan wholesales Almaz sebanyak 9.743 unit. Sementara selama 12 bulan penuh tahun lalu, Honda membukukan 10.395 unit CR-V yang didistribusikan.
Rinciannya 10.060 unit untuk varian bermesin 1.500 cc dan 335 unit Honda CR-V 2.000 cc.
All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo
Tampilan depan All New Honda CR-V 1.5 Prestige Turbo Foto: muhammad ikbal
Business Innovation & Sales Marketing Director, PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy menanggapi, Wuling memang jadi salah satu merek yang mencuri perhatian pabrikan.
"Tentu kami monitoring terus, kami enggak pernah tanggapi itu bukan pesaing, enggak, enggak, kami selalu monitoring perkembangan mereka," ujar Yusak saat ditemui di Bandung, Kamis (23/1).
Wuling Almaz
Wuling Almaz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Bukan kali ini saja Almaz coba meneror CR-V. Beberapa bulan di 2019, SUV berdarah Tiongkok ini bahkan pernah asapi CR-V.
ADVERTISEMENT
Pasca peluncuran di Februari misalnya. Pabrikan lima berlian ini mampu menyalip Honda dengan perbandingan wholesales 568 dan 534 unit. Selanjutnya bulan Maret, lagi-lagi penjualannya juga lebih besar antara 397 dan 270 unit.
Wuling Almaz
Wuling Almaz Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Kemudian bulan Mei, taji Wuling Almaz makin runcing ketimbang Honda HR-V dengan distribusi 1.130 dan 750 unit.
Adapun terakhir, pada Desember 2019 Wuling coba menyerang dengan angka pengiriman unit sebanyak 2.314 Almaz, sementara Honda CR-V terdistribusi 770 unit.
Otomotif, Honda, Honda CR-V, 20 Tahun,
Honda CR-V generasi keempat. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri
Honda, kata Yusak bukannya tak ingin tinggal diam. Menurutnya memang tren SUV terlebih dengan konfigurasi tujuh penumpang sedang naik daun. Yusak mengatakan Honda akan menstimulus pasar dengan program penjualan dan layanan purnajual.
"Program-program kami yang sekarang lagi dikuatkan, supaya orang mudah beli mobil, perawatan murah, sama kualitas. Ada paket hemat, jadi servisnya gratis empat tahun 50 ribu km, part-nya free, konsumen tinggal isi bensin. Warranty part-nya tiga tahun 100 ribu km."
Honda CR-V
Honda CR-V Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Menyoal penyegaran Honda CR-V yang juga bisa menggairahkan pasar, Yusak belum mau mengomentari lebih rinci.
ADVERTISEMENT
"Itu salah satu, cuma kapannya belum bisa bicara, tunggulah kalau sudah saatnya," tuntas Yusak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan