kumparan
26 Februari 2019 17:30

Aneh, Gigi Tumbuh di dalam Hidung Seorang Pria Denmark

Ilustrasi gigi. Foto: Pixabay
Selama dua tahun lebih seorang pria asal Denmark mengalami pilek. Hidungnya terasa tersumbat disertai terus keluarnya lelehan ingus. Terdengar remeh memang, tapi ternyata kondisinya disebabkan oleh sesuatu yang sangat aneh dan membuat para dokter terheran-heran.
ADVERTISEMENT
Jadi di hidung pria yang namanya dirahasiakan itu tumbuh gigi ekstra. Hal itu membuat hidungnya mengalami simtom mirip pilek selama dua tahun lebih. Kasus unik ini telah dilaporkan para dokter dalam jurnal BMJ Case Reports.
Kisah penemuan ini dimulai ketika pria berusia 59 tahun itu mengunjungi dokter di University Hospital Aarhus, Denmark. Ia mengeluh terjadi penyumbatan di lubang hidung sebelah kirinya diikuti lelehan ingus dan penurunan kemampuan penciuman.
Dokter yang memeriksanya melihat ada pembengkokan ke arah kiri di bagian tengah hidungnya. Selain itu, si dokter juga menemukan sebuah benda di rongga hidungnya.
Akhirnya si pria diminta melakukan pemeriksaan menggunakan CT scan. Dari situ ditemukan bahwa penyumbatan di hidung si pria berasal dari gigi yang bertumbuh ke dalam hidungnya.
Ilustrasi rasa sakit di hidung. Foto: Thinkstock
Pria itu akhirnya melakukan operasi endoskopi sinus untuk mengangkat gigi di dalam hidungnya. Dan setelah 10 hari diberikan antibiotik serta cairan pembersih hidung, pria itu bisa sehat kembali.
ADVERTISEMENT
Dalam laporannya di jurnal, para dokter mengatakan bahwa kasus ini sangat langka. Jadi tidak perlu berpikir buruk dan mengira tiap hidung tersumbat yang kita alami ternyata disebabkan oleh gigi.
Meski begitu, karena kelangkaannya, sangat sedikit literatur mengenai kasus ini. Artinya, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.
Salah satu dugaan yang dijelaskan tim dokter dalam laporan adalah gigi itu tumbuh akibat trauma pada wajah yang dialami si pria. Pria tersebut memang mengaku mengalami trauma pada wajahnya saat masih muda. Ia mengalami patah hidung dan tulang rahang parah.
Bahkan menurut laporan, patah hidungnya itu membuat lokasinya harus diubah. Meski trauma itu tampaknya tidak mempengaruhi gigi-giginya, bisa saja ada gigi yang berpindah dan kemudian menembus rongga hidungnya tanpa disadari.
ADVERTISEMENT
Para dokter juga menambahkan bahwa ada kemungkinan gigi itu telah berada di sana sejak lama, meski si pria baru mengalami simtom mengganggu beberapa tahun terakhir.
"Pasien kami kemungkinan besar telah lama memiliki gigi di dalam hidungnya, tapi simtomnya muncul terlambat," ujar Dr Milos Fuglsang yang menulis laporan kasus ini sebagaimana dilansir IFL Science.
Sebenarnya ada kejadian serupa yang pernah terjadi sebelumnya. Sebuah studi kasus 2014 di American Journal of Case Reports mengungkap kejadian pria 22 tahun asal Arab Saudi yang sering mimisan karena ada gigi muncul di rongga hidungnya.
Dalam kasus itu, para dokter menduga pria ini mengalami mesiodens atau kelainan, yakni punya jumlah gigi lebih dari normal. Anehnya, mesiodens si pria malah tumbuh ke arah rongga hidungnya dan menyebabkan ia jadi sering mimisan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan