Tekno & Sains
·
10 November 2019 18:33

Arkeolog Temukan Bangkai Kapal Kuno di Lepas Pantai Yunani

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Arkeolog Temukan Bangkai Kapal Kuno di Lepas Pantai Yunani (237145)
Penemuan bangkai kapal kuno di Pulau Kasos, Yunani. Foto: Kementerian Kebudayaan Yunani
Arkeolog Yunani menemukan lima bangkai kapal kuno di dekat pulau Kasos, Yunani. Dari lima bangkai kapal tersebut, salah satunya adalah bangkai kapal kuno yang memiliki lima jangkar batu piramida.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pernyataan Kementerian Kebudayaan Yunani, kapal kuno yang baru ditemukan ini disebut-sebut sebagai “penemuan yang sangat luar biasa” dari periode klasik. Di dalam kapal tersebut terdapat empat jenis amphora atau toples kuno, dan keramik halus.
“Berdasarkan tembikar yang terkumpul, kapal karam itu diperkirakan berasal dari akhir abad ke-4 atau awal abad ke-3 Sebelum Masehi (SM),” ujar juru bicara kementerian, dalam pernyataannya.
Arkeolog Temukan Bangkai Kapal Kuno di Lepas Pantai Yunani (237146)
Penemuan bangkai kapal kuno di Pulau Kasos, Yunani. Foto: Kementerian Kebudayaan Yunani
Ada juga kapal yang berasal dari abad ke-1 SM, berisi amphora yang biasanya ditemukan di pulau Rhodes. Sedangkan kapal lain yang juga ditemukan diperkirakan berasal dari abad ke-8 dan 10 Masehi, dengan membawa amphora dan peralatan makan dari periode Byzantium.
Selain ketiga kapal di atas, ditemukan pula kapal kayu yang berasal dari periode setelah Perang Kemerdekaan Yunani di abad ke-19, dan satu kapal karam yang lebih baru dengan membawa bahan bangunan.
ADVERTISEMENT
“Selain bangkai kapal yang disebutkan di atas, ditemukan juga sejumlah barang-barang kuno, termasuk kanon besi, jangkar Byzantium, dan tembikar, sebagai saksi bahwa benda-benda ini digunakan di dunia kemaritiman secara terus menerus dan tidak terputus sejak zaman kuno,” papar pihak kementerian.
Sebelumnya, para arkeolog kelautan juga berhasil menemukan harta karun kuno dari bangkai kapal bernama Mentor, sebuah kapal yang digunakan oleh Lord Elgin untuk mengangkut tumpukan artefak yang diambil dari Yunani.
Kapal Mentor yang mengangkut 17 peti barang antik itu diketahui tenggelam pada September 1802, usai menabrak batu karang di pulau Kythira. Beberapa barang antik ditemukan dalam kapal tersebut, termasuk “Elgin Marbles” yang kontroversial. Menurut Artnet News, hingga saat ini masih banyak artefak yang berada di dasar laut dan belum terselamatkan.
ADVERTISEMENT