kumparan
18 Februari 2020 10:44

Ashraf Sinclair Kena Serangan Jantung, Ini 6 Gejala yang Harus Diwaspadai

PTR - Ashraf Sinclair
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair. Foto: Instagram / @ashrafsinclair
Kabar duka kepergian Ashraf Sinclair mengejutkan masyarakat Indonesia pada Selasa (18/2) pagi. Suami Bunga Citra Lestari itu meninggal dunia di usia 40 tahun karena terkena serangan jantung.
ADVERTISEMENT
Manajer Bunga Citra Lestari, Doddy, telah membenarkan Ashraf Sinclair meninggal disebabkan serangan jantung.
"Benar (Ashraf Sinclair meninggal dunia). (Karena) serangan jantung," kata manajer Bunga Citra Lestari, Doddy, Selasa (18/2).
Ashraf Sinclair
Ashraf Sinclair Foto: Munady
Serangan jantung atau dalam istilah medis disebut infark miokard, merupakan suatu kondisi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Kondisi ini disebabkan oleh penyumbatan di arteri koroner, pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke jantung.
Pada saat serangan jantung, terjadi kematian segmen otot jantung akibat hilangnya pasokan darah. Aliran biasanya terputus ketika arteri yang memasok untuk otot jantung tersumbat oleh pembekuan darah. Jika sejumlah otot jantung mati, seseorang akan mengalami nyeri dada dan ketidakstabilan listrik dari jaringan otot jantung.
Ilustrasi penyakit jantung
Ilustrasi penyakit jantung. Foto: Thinkstock
Ada beberapa gejala yang dirasakan seseorang yang terkena serangan jantung. Mengutip laman Medical News Today, rasa tidak nyaman atau sakit di dada merupakan gejala serangan jantung paling umum. Risiko serangan jantung meningkat ketika pria berusia di atas 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun. Faktor penyumbang risiko paling besar, antara lain obesitas dan kebiasaan merokok.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, ada sejumlah faktor lain yang memicu risiko serangan jantung. Menurut informasi di laman situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, disebutkan bahwa serangan jantung dipengaruhi beberapa hal, yakni usia, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, diabetes, hipertensi, obesitas, dan stres.
Setidaknya, ada enam gejala serangan jantung yang patut diwaspadai, berikut daftar lengkapnya.
  • Jantung berdebar-debar atau dikenal dengan palpitasi. Kondisi ini menyebabkan dada terasa seperti diremas-remas.
  • Sesak napas yang biasanya disertai dengan keringat dingin, rasa lemas, jantung berdebar, bahkan bisa berujung pingsan.
  • Nyeri dada sebelah kiri.
  • Rasa mual dan muntah.
  • Berkeringat dingin dan perasaan mudah lelah.
  • Pusing atau sakit kepala.