kumparan
10 Agustus 2019 10:04

Bernie Sanders Akan Kuak Informasi UFO jika Terpilih Jadi Presiden AS

Senator Bernie Sanders
Bernie Sanders. Foto: REUTERS/Yuri Gripas
Apakah alien akan menjadi salah satu topik dalam pemilu presiden di Amerika Serikat pada tahun 2020? Tampaknya, ini memang terjadi.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini, calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders, berjanji akan mengungkap informasi tentang unidentified flying objects (UFO) yang selama ini ditutupi pemerintah AS. Syaratnya, dirinya harus memenangkan dulu pemilu presiden pada 2020 mendatang. Ia mengaku, hal ini dilakukan atas permintaan istrinya, Jane.
“Ya, saya katakan, istri saya akan menuntut agar saya memberitahu kalian,” ujar Sanders kepada pembawa acara sebuah podcast, Joe Rogan, Selasa (8/8), seperti diberitakan Live Science. Bahkan, dia berjanji akan mengumumkan informasi ini di podcast.
Ilustrasi awan berbentuk UFO
Ilustrasi awan berbentuk UFO. Foto: Pixabay
Tidak jelas, apakah Partai Republik juga akan menjadikan alien sebagai kampanye utama pemilu mereka. Namun, pada Juni lalu, Presiden AS Donald Trump yang kembali mencalonkan diri sebagai presiden AS dari Partai Republik tahun 2020, mengatakan kepada ABC News bahwa ia juga menerima laporan penampakan terakhir UFO dari pilot milier.
ADVERTISEMENT
“Saya memang punya satu pertemuan yang sangat singkat. Tetapi orang-orang mengatakan bahwa mereka melihat UFO. Apakah saya percaya? Tidak terlalu,” ujar Trump.
Sementara itu, awal tahun ini, The New York Times melaporkan bahwa pilot Angkatan Laut AS beberapa kali telah melihat UFO terbang dengan cepat di Pantai Timur pada tahun 2014 dan 2015. Namun, menurut para ahli, laporan ini bisa saja tidak ada kaitannya dengan pesawat luar angkasa.
Salah satu contoh yang bisa menjadi celah, penampakan-penampakan UFO itu terjadi tak lama setelah sistem radar pesawat jet ditingkatkan.
“Seperti yang telah diketahui oleh siapapun yang menggunakan produk Microsoft, setiap kali kamu meningkatkan produk teknis, pasti selalu ada masalah,” ujar Seth Shostak, astronom senior di Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) Institute di Mountain View, California, kepada Space.com.
ADVERTISEMENT
Namun, ada banyak perhatian pada masalah ini sehingga pada Juni 2019, Departemen Pertahanan AS memberitahu Mark Warner (D-Va), wakil komite intelijen senat, tentang pertemuan mereka dengan UFO. Kendati begitu, mereka tampaknya lebih terfokus pada masalah keamanan ketimbang soal benda asing tersebut.
“Jika pilot angkatan laut mengalami gangguan yang tidak dapat dijelaskan di udara, itu adalah masalah keamanan,” ujar juru bicara Warner Rachel Cohen dalam sebuah pernyataannya kepada Politico.
Kampanye yang dilakukan Partai Demokrat dengan membawa isu alien nyatanya bukan kali ini saja terjadi. Pada 2016, Capres Hillary Clinton pernah berjanji kepada The Conway Daily Sun bahwa ia akan “membahas” fenomena UFO.
“Bumi mungkin sudah dikunjungi alien, tetapi kami tidak tahu pasti,” ujar Clinton.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan