kumparan
8 Oktober 2019 18:24

Penemu Pertama Exoplanet Raih Hadiah Nobel Fisika 2019

Pengumuman pemenang hadiah nobel fisika 2019. Foto: (Claudio Bresciani / TT via AP)
Hadiah Nobel Fisika 2019 resmi diberikan kepada tiga peneliti asal Kanada dan Swiss. Penganugerahan ini diberikan berkat kontribusi mereka dalam mengembangkan pemahaman kita atas evolusi alam semesta.
ADVERTISEMENT
Adalah James Peebles, Michel Mayor, dan Didier Queloz yang berhasil menyabet penghargaan bergengsi itu. Para pemenang itu ini diumumkan oleh Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm, Swedia, pada Selasa (8/10).
Para peneliti ini berhak atas hadiah sejumlah 9 juta kronor atau sekitar Rp 12 miliar. James Peebles, peneliti asal Kanada yang menjadi profesor emeritus di Princeton University, mendapat porsi yang lebih besar dibanding dua koleganya. Ia berhak mendapat setengah dari hadiah itu berkat temuan teoretisnya atas evolusi alam semesta.
Sedangkan Michel Mayor dan Didier Queloz, duo astronom dari Swiss, membagi sisa hadiah uang itu. Mayor dan Queloz mendapat penghargaan Nobel ini karena mereka adalah yang pertama menemukan exoplanet atau planet di luar tata surya kita.
ADVERTISEMENT
Penemuan exoplanet itu terjadi pada 1995. Kala itu Mayor dan Queloz menemukan sebuah exoplanet berjarak 50 tahun cahaya dari Bumi.
Sejak saat itu, para astronom di seluruh dunia telah menemukan ribuan exoplanet. Penemuan-penemuan ini telah mengubah pemahaman kita atas Galaksi Bima Sakti dan juga posisi kita di alam semesta.
Peebles mengatakan bahwa di awal kariernya, ia tidak memiliki rencana untuk mendapat temuan luar biasa di bidang kosmologi. "Pada awalnya, saya berpikir akan melakukan satu atau dua hal dalam kosmologi. Dan saya terus fokus pada hal itu," kata Peebles, seperti dilansir The Guardian.
"Hadiah dan penghargaan ini sangat menawan dan patut dihargai, tapi itu harusnya tidak menjadi bagian dari rencana Anda. Anda harus masuk ke bidang ilmu pengetahuan bukan karena penghargaan semacam itu, tapi karena Anda terpesona olehnya," imbuh dia.
ADVERTISEMENT
Hadiah uang, medali emas, dan piagam akan diberikan pada para pemenang Hadiah Nobel dari berbagai bidang dalam upacara khusus pada 10 Desember 2019 nanti di Stockholm, Swedia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan